Skip to content
Home » Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Jemaah Haji merupakan keinginan setiap orang yang beragama Islam. Itu sebabnya, mereka berusaha untuk mendaftar sebagai calon jemaah haji. Namun, karena keterbatasan kuota yang tersedia, tidak semua calon berhasil dipilih untuk berangkat. Untuk itu, perlu mengetahui daftar tunggu calon jemaah haji kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kuota Calon Jemaah Haji Kabupaten Ciamis

Kuota calon jemaah haji Kabupaten Ciamis pada tahun ini mencapai 755 orang. Dari jumlah tersebut, 376 orang adalah jemaah haji reguler, sedangkan 379 orang sisanya adalah jemaah haji khusus.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji di kabupaten Ciamis, harus menunggu antrian. Terkadang jangka waktu yang ditempuh pun sulit diprediksi.

Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji

Kabupaten Ciamis memiliki daftar tunggu calon jemaah haji yang cukup panjang. Di awal tahun 2021 ini, jumlah daftar tunggu tersebut mencapai 2.714 orang. Artinya, masih banyak orang yang harus menunggu giliran untuk berangkat ke Tanah Suci.

Namun, calon jemaah haji yang memiliki masalah kesehatan, usia yang sudah lanjut, atau sedang hamil, dapat diberikan prioritas dalam pemberangkatan haji. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan mereka ketika berada di Tanah Suci.

Cara Mendaftar Sebagai Calon Jemaah Haji

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai calon jemaah haji, dapat mengikuti beberapa tahapan berikut:

  1. Mendaftar pada Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.
  2. Ketika pemeriksaan kesehatan telah dilakukan, calon jemaah dapat mendaftar pada travel haji terdekat.
  3. Setelah selesai melakukan pendaftaran, calon jemaah bisa menunggu kabar dari kementerian agama untuk mengetahui status pendaftaran dan daftar tunggu mereka sebagai calon jemaah haji.
BACA JUGA:   Keutamaan dan Keistimewaan Ibadah Haji dan Hadis

Kapan Waktu Terbaik untuk Mendaftar?

Sebaiknya, calon jemaah haji mendaftar setiap tahunnya. Pendaftaran lebih awal memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terpilih sebagai jemaah haji. Pendaftaran bisa dilakukan setelah pemeriksaan kesehatan dan pastikan dapat memilih travel agen haji terpercaya.

Kesimpulan

Mendaftar sebagai calon jemaah haji bukanlah hal yang mudah dan butuh ketekunan. Jumlah calon yang harus menunggu di daftar tunggu pun cukup panjang. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan baik dan mendaftarlah setiap tahunnya agar dapat terpilih sebagai jemaah haji. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.