Skip to content
Home » Daftar Tunggu Haji Indonesia 2019

Daftar Tunggu Haji Indonesia 2019

Haji adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat Islam setidaknya sekali seumur hidup, jika memiliki kemampuan finansial dan fisik. Namun, ternyata tak semua orang bisa langsung berangkat haji karena harus mendaftar terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri, daftar tunggu haji biasanya cukup lama, bahkan bisa mencapai 10 tahunan. Berikut informasi lengkap tentang daftar tunggu haji Indonesia 2019.

Mengapa Daftar Tunggu Haji Bisa Sangat Lama?

Tentu saja karena jumlah calon jamaah haji Indonesia yang sangat besar. Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, sehingga permintaan untuk berangkat haji juga besar. Selain itu, kuota haji yang diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi terbatas, sehingga tidak semua orang bisa berangkat secara bersamaan.

Cara Mendaftar Haji di Indonesia

Untuk mendaftar haji di Indonesia, calon jamaah harus terlebih dahulu terdaftar sebagai calon jamaah haji (CJH) di kantor Kementerian Agama setempat. Setelah terdaftar, calon jamaah akan mendapatkan nomor porsi haji. Nomor porsi haji itulah yang menentukan kapan calon jamaah bisa berangkat haji.

Daftar Tunggu Haji Indonesia 2019

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, daftar tunggu haji Indonesia 2019 mencapai angka yang cukup tinggi. Saat ini, calon jamaah yang mendaftar pada tahun 2006 atau lebih awal, baru akan memiliki kesempatan berangkat haji pada musim haji tahun 2019 ini. Sementara itu, untuk calon jamaah yang mendaftar pada tahun 2019, terpaksa harus menunggu minimal 10 tahun ke depan untuk bisa berangkat haji.

BACA JUGA:   Berapa Lama Waktuuntuk Ibadah Haji

Bagaimana Cara Mempercepat Daftar Tunggu Haji?

Sayangnya, proses pendaftaran haji di Indonesia tidak bisa dipercepat seperti yang kita harapkan. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar proses ini tidak terlalu lama, yaitu:

1. Memiliki Nomor Porsi Haji Sejak Dini

Semakin ahli dalam merencanakan keuangan serta merawat kesehatan dan higiene maka semakin mungkin Anda mendapatkan nomor porsi untuk berangkat haji yang lebih cepat. Sebagai informasi, kementerian agama Indonesia memberikan prioritas porsi haji kepada anggota keluarga dari salah satu calon jamaah yang tidak naik haji.

2. Mempercepat Pembayaran

Semakin cepat membayar biaya haji, semakin cepat pula Anda masuk dalam daftar tunggu haji. Hal ini karena pihak bank penyalur akan menyelesaikan pembayaran dengan cepat, sehingga pihak kementerian agama juga bisa segera mengeluarkan nomor porsi haji.

3. Manfaatkan Fitur Online

Kementerian Agama Indonesia menyediakan layanan secara online untuk pendaftaran Haji. Dalam hal ini, fitur online memungkinkan calon jamaah untuk melakukan pendaftaran haji melalui https://haji.kemenag.go.id/.

Kesimpulan

Daftar tunggu haji di Indonesia memang cukup lama, bahkan mencapai puluhan tahun. Namun, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mempercepat proses ini, seperti memiliki nomor porsi haji sejak dini, mempercepat pembayaran, dan memanfaatkan fitur online. Semoga informasi tentang daftar tunggu haji Indonesia 2019 ini bisa bermanfaat bagi pembaca.