Skip to content
Home » Daftar Tunggu Haji Jawa Timur Mojokerto: Persyaratan dan Prosedur

Daftar Tunggu Haji Jawa Timur Mojokerto: Persyaratan dan Prosedur

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu. Tidak heran jika setiap tahunnya ribuan orang mempersiapkan diri untuk berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Di Indonesia, pemerintah dan Kementerian Agama setiap tahunnya membuka pendaftaran haji untuk para calon jamaah haji di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jawa Timur, termasuk daftar tunggu haji Jawa Timur Mojokerto.

Persyaratan Umum untuk Mendaftar Haji

Sebelum mendaftar haji, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon jamaah haji:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Muslim dan mempunyai identitas keislaman yang jelas.
  3. Berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah.
  4. Tidak dalam tahanan/penjara atau berasal dari keluarga terpidana pidana yang tidak berkeberatan dari pihak Kementerian Hukum dan HAM.
  5. Mampu secara fisik, mental, dan finansial melaksanakan ibadah haji.
  6. Tidak dalam proses peradilan atau kasus hukum yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan jamaah haji lainnya.
  7. Mampu membaca dan menulis huruf Arab atau Latin.
  8. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan identitas yang valid.
  9. Telah menjalani vaksinasi COVID-19 atau menyertakan surat keterangan dari pihak medis yang menyatakan tidak dapat melakukan vaksinasi karena alasan kesehatan.

Prosedur Pendaftaran Haji

Setiap calon jamaah haji harus melakukan pendaftaran melalui online di website resmi Kementerian Agama. Pendaftaran biasanya dibuka pada bulan Desember atau Januari setiap tahunnya. Namun, sebelum melakukan pendaftaran online, calon jamaah haji harus menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, surat identitas, surat keterangan kesehatan, bukti setoran biaya, dan pas foto ukuran 4×6 terbaru.

BACA JUGA:   Gambar Ibadah Haji dan Umroh: Memperlihatkan Kerinduan Muslim ke Baitullah

Setelah pendaftaran, calon jamaah haji akan masuk dalam daftar tunggu haji Jawa Timur Mojokerto. Daftar tunggu ini terdiri dari setiap calon jamaah haji yang sudah terverifikasi dan mempunyai nomor porsi tunggu haji. Prosedur selanjutnya adalah melakukan setoran biaya haji dan pemilihan kelompok terbang. Setoran biaya haji dilakukan di bank yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama. Setelah melakukan setoran, calon jamaah haji akan mendapat bukti setoran yang harus disimpan dengan baik.

Sementara untuk pemilihan kelompok terbang biasanya dilakukan pada bulan Juni atau Juli. Hal ini dilakukan untuk memastikan calon jamaah haji dapat memilih jadwal keberangkatan yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan kuota.

Fasilitas yang Diberikan Selama Masa Haji

Setiap calon jamaah haji yang sudah terverifikasi dan mempunyai nomor porsi tunggu haji akan mendapatkan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama. Fasilitas yang diberikan meliputi:

  1. Transportasi dari tempat tinggal calon jamaah haji ke embarkasi (bandara atau pelabuhan).
  2. Penginapan di hotel yang sudah ditunjuk selama di Mekkah dan Madinah.
  3. Transportasi antara Mekkah dan Madinah dan sekitarnya selama masa haji.
  4. Makan tiga kali sehari selama masa haji.
  5. Perlengkapan Ibadah (thawaf, sa’i, dan lain-lain).
  6. Pembimbing haji yang akan membantu selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

Kesimpulan

Mendaftar haji memerlukan persiapan yang matang, baik persiapan fisik maupun keuangan. Selain itu, calon jamaah haji harus memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dalam daftar tunggu haji Jawa Timur Mojokerto. Dengan memahami persyaratan dan prosedur pendaftaran haji, diharapkan calon jamaah haji dapat mempersiapkan diri dengan baik dan melaksanakan ibadah haji dengan khidmat di Tanah Suci Mekkah.

BACA JUGA:   Kapan Ibadah Haji Dilaksanakan?