Skip to content
Home » Daftar Tunggu Haji Kabupaten Pekalongan

Daftar Tunggu Haji Kabupaten Pekalongan

Jika Anda berkeinginan untuk menunaikan ibadah haji di Mekah, Saudia Arabia, daftar tunggu haji Kabupaten Pekalongan dapat menjadi solusi untuk melaksanakan impian Anda. Dalam artikel ini, kami akan merangkum informasi terbaru seputar daftar tunggu haji Kabupaten Pekalongan dan segala yang perlu Anda ketahui untuk mendaftar dan menunaikan ibadah haji.

Apa itu daftar tunggu haji?

Daftar tunggu haji adalah daftar pendaftaran calon jamaah haji yang dikelola oleh Kementerian Agama. Daftar ini dibuka setiap tahun, dan setiap calon jamaah harus mendaftarkan dirinya secara online melalui Sistem Informasi Haji Terpadu (SISHTI) yang dapat diakses melalui situs resmi Kementerian Agama. Setiap daerah memiliki kuota dan jadwal tersendiri untuk pemberangkatan jamaah haji.

Bagaimana cara mendaftar daftar tunggu haji di Kabupaten Pekalongan?

Untuk bisa mendaftar daftar tunggu haji di Kabupaten Pekalongan, Anda harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang beragama Islam
  2. Berusia minimal 12 tahun dan maksimal 58 tahun untuk laki-laki, dan 12 tahun sampai 60 tahun untuk perempuan
  3. Tidak memiliki penyakit yang dapat mengganggu kesehatan
  4. Tidak tercatat sebagai pemilik usaha cabang minuman keras atau judi
  5. Tidak sedang menjalani hukuman pidana
  6. Tidak pernah menunaikan haji sebelumnya.

Setelah memastikan bahwa Anda memenuhi kriteria di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran secara online melalui SISHTI. Pastikan untuk mengisi data dengan benar dan lengkap sesuai dengan persyaratan yang diminta.

BACA JUGA:   Bandara Ibadah Haji: Tempat Mulia bagi Jemaah Haji

Bagaimana cara mengecek status daftar tunggu haji?

Setelah Anda berhasil mendaftar daftar tunggu haji di Kabupaten Pekalongan, Anda dapat mengecek status pendaftaran dengan mengunjungi situs resmi Kementerian Agama atau langsung menghubungi kantor Kementerian Agama setempat. Namun, jika Anda telah dinyatakan lolos dan berada di dalam kuota jamaah haji Kabupaten Pekalongan, Anda akan mendapatkan pemberitahuan resmi melalui surat dari Kementerian Agama atau melalui pesan teks.

Kapan waktu keberangkatan jamaah haji Kabupaten Pekalongan?

Jadwal keberangkatan jamaah haji Kabupaten Pekalongan disesuaikan dengan jadwal dari Kementerian Agama. Setiap tahunnya jadwal tersebut berbeda-beda karena tergantung pada keberangkatan jamaah haji yang berasal dari seluruh Indonesia. Sebagai informasi, jamaah haji Kabupaten Pekalongan tahun 2021 akan diberangkatkan pada 7 Desember 2021.

Apa persyaratan kesehatan yang harus dipenuhi oleh jamaah haji?

Setiap jamaah haji diwajibkan untuk menjalani serangkaian tes kesehatan yang meliputi tes kesehatan jasmani dan rohani. Ada beberapa persyaratan kesehatan yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Vaksinasi COVID-19 (minimal menjalani dua dosis)
  2. Bebas dari penyakit menular
  3. Tidak mempunyai riwayat penyakit jantung, paru, atau ginjal
  4. Tidak mengalami tekanan darah tinggi
  5. Tidak memiliki penyakit asma atau diabetes
  6. Tidak mengalami sakit pada tulang belakang atau pun pada persendian.

Kesimpulan

Daftar tunggu haji Kabupaten Pekalongan merupakan kesempatan bagi umat Muslim di Kabupaten Pekalongan untuk menunaikan ibadah haji di Mekah, Saudia Arabia. Dalam rangka mendaftar, calon jamaah harus memenuhi kriteria yang ditentukan dan melalui proses seleksi yang ketat. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan selama perjalanan haji nanti. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengejar impian Anda untuk menunaikan ibadah haji.

BACA JUGA:   Bisakah Daftar Haji untuk Menemani Selama di Sana?