Skip to content
Home » Daftar Tunggu Haji Kota Bandung Berapa Tahun

Daftar Tunggu Haji Kota Bandung Berapa Tahun

Sebagai seorang muslim, ibadah haji adalah salah satu bentuk iman yang diwajibkan. Tentunya, setiap muslim yang mampu harus menunaikan ibadah haji setidaknya sekali seumur hidup. Namun, karena keterbatasan kuota, tidak semua muslim bisa berangkat haji pada tahun yang sama. Maka dari itu, setiap tahunnya terdapat daftar tunggu haji yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama.

Bagi Anda yang berdomisili di Kota Bandung, mungkin bertanya-tanya berapa tahun dalam daftar tunggu haji di Kota Bandung. Ternyata, daftar tunggu haji di Kota Bandung tergolong panjang.

Daftar Tunggu Haji Kota Bandung

Berdasarkan informasi dari Kementerian Agama Kota Bandung, jumlah pendaftar haji di Kota Bandung yang terdaftar hingga saat ini mencapai 92.101 orang. Sedangkan, kuota haji Kota Bandung sendiri untuk tahun ini hanya 4.264 jamaah.

Dari data tersebut, bisa dihitung bahwa 92.101 orang tersebut akan membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa berangkat haji. Jumlah ini bisa saja bertambah setiap tahunnya, sedangkan kuota yang tersedia relative sedikit. Sehingga, bisa dipastikan daftar tunggu haji di Kota Bandung akan terus memanjang

Prosedur dan Syarat Mendaftar Haji

Bagi Anda yang ingin mendaftar haji, berikut adalah beberapa prosedur dan syarat yang perlu Anda perhatikan:

Syarat Pendaftaran

  1. Seorang muslim
  2. Telah mencapai usia dewasa yaitu minimal 18 tahun
  3. Masih dalam keadaan hidup
  4. Mampu secara finansial
  5. Tidak memiliki penyakit yang berbahaya dan dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain

Prosedur Pendaftaran

  1. Mendaftarkan diri melalui sistem daring dengan akun jamaah haji.
  2. Melakukan verifikasi data diri dengan fotokopi identitas diri, kartu keluarga, dan akta nikah.
  3. Melunasi biaya administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
BACA JUGA:   Proses Pelaksanaan Ibadah Haji

Menyambut Haji dengan Ibadah

Meskipun harus menunggu lama, bukan berarti kita harus menunggu dengan diam. Kita masih bisa berkumpul dengan keluarga dan sekaligus menambah ilmu tentang ibadah haji. Selain itu, kita bisa meningkatkan kualitas ibadah kita dengan bersama-sama memperdalam pengetahuan tentang ibadah haji. Kita juga dapat memperbanyak ibadah-ibadah sunnah seperti tilawah dan shalat sunnah.

Kesimpulan

Jadi, bagi Anda yang bertanya-tanya tentang daftar tunggu haji di Kota Bandung berapa tahun, saya harap artikel ini memberikan gambaran tentang betapa panjangnya daftar tunggu haji di Kota Bandung. Namun, tentunya tidak ada yang mustahil. Bersabar dan tetap berdoa is the key. Semoga kita bisa melaksanakan ibadah haji secepatnya dan menjadi jemaah haji yang mabrur.