Skip to content
Home » Daftar Umroh Kemenag: Panduan Lengkap untuk Perjalanan Suci ke Tanah Suci

Daftar Umroh Kemenag: Panduan Lengkap untuk Perjalanan Suci ke Tanah Suci

Membuat perjalanan tuntutan agama umat Islam dalam bentuk ibadah haji atau umroh menjadi ragam topik hangat di Indonesia. Melakukan ibadah umroh memiliki keistimewaan tersendiri yang mengundang rasa syukur dan rasa bahagia. Oleh karena itu, setiap tahunnya ribuan jamaah umroh berangkat ke Tanah Suci. Kemenag sebagai badan yang membidangi regulasi ibadah haji dan umroh memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah. Berikut adalah daftar umroh Kemenag untuk membantu Anda dalam persiapan perjalanan suci Anda.

Persyaratan dan Panduan untuk Menjalankan Ibadah Umroh

Untuk menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci, setiap jamaah harus memenuhi syarat dan persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah, mulai dari proses pendaftaran, seleksi, realisasi, hingga kembali ke tanah air. Berikut adalah panduan dan persyaratan umroh yang harus dipenuhi oleh jamaah:

Persyaratan

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 8 bulan
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Surat keterangan bebas narkoba dari Puskesmas
  • Pas Foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar dengan latar belakang bercelana panjang warna putih dan berkerudung untuk perempuan (atau sesuai dengan ketentuan Kemenag)

Panduan

  • Melakukan pengisian formulir pendaftaran yang tersedia di situs resmi Kemenag
  • Memasukkan persyaratan yang telah di tentukan pada saat pendaftaran online
  • Melunasi biaya pendaftaran dengan jumlah yang sudah di tetapkan di rekening yang disediakan oleh Kemenag
  • Seleksi dokumen yang telah di upload
  • Melakukan pembayaran biaya perjalanan setelah dinyatakan lulus seleksi

Daftar Relawan Perjalanan Umroh Kemenag

Kemenag menjalin kerja sama dengan relawan umroh yang bertugas memberikan layanan pemasangan visa, tiket keberangkatan, akomodasi, dan layanan pendampingan di Tanah Suci untuk jamaah umroh selama di sana. Berikut daftar relawan perjalanan umroh Kemenag:

  1. Al-Fath Tour and Travel
  2. Alhijaz Indowisata
  3. Baitul Maqdis Tour
  4. IFHTI Tour Travel
  5. Jejak Mekah Tour and Travel
BACA JUGA:   Tuan Bambang Melakukan Ibadah Umroh di Mekah: Pengalaman dan Tips

Biaya Paket Umroh Kemenag

Jamaah umroh biasanya menggunakan layanan paket umroh atau biro travel untuk mempersiapkan perjalanan mereka ke Tanah Suci. Kemenag memberikan batas biaya paket umroh untuk menghindari alias biaya yang berlebihan oleh biro travel dan memastikan bahwa jamaah dapat memilih paket umroh dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah batas biaya paket umroh yang ditetapkan oleh Kemenag:

  • Paket Ekonomi: dibawah 20 juta Rupiah/Pax
  • Paket Bisnis: dibawah 30 juta Rupiah/Pax
  • Paket VIP: diatas 30 juta Rupiah/Pax

Kesimpulan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa melakukan ibadah umroh memiliki keistimewaan tersendiri. Namun, diperlukan persiapan yang matang, baik dalam hal dokumentasi, kesehatan maupun dalam memilih paket umroh yang terpercaya. Daftar umroh Kemenag yang telah ditunjukkan akan mempermudah persiapan perjalanan suci Anda dengan memberikan panduan dan informasi penting yang Anda butuhkan. Tetap berdoa dan berusaha agar perjalanan Anda lancar dan nanti dapat menunaikan ibadah dengan penuh khusuk dan suka cita.