Skip to content
Home » Dalil Tentang Melaksanakan Ibadah Haji

Dalil Tentang Melaksanakan Ibadah Haji

Ibadah haji adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Menurut Al-Quran, ibadah haji adalah dalil tentang melaksanakan kepatuhan terhadap perintah Allah SWT.

Ayat-Ayat dalam Al-Quran Mengenai Ibadah Haji

1. Surah Ali Imran ayat 96-97

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah SWT ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah SWT pada hari Dia menciptakan langit dan bumi. Dari antara bulan-bulan itu empat bulan haram. Itulah ketetapan yang lurus. Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu sendiri di dalam bulan yang haram itu. Dan perangilah musuh-musuh Allah SWT semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya dan ketahuilah, bahwa Allah SWT beserta orang-orang yang bertakwa“.

2. Surah Al-Baqarah ayat 196

"Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah SWT".

3. Surah Ali Imran ayat 97

“Sesungguhnya rumah yang pertama dibangun untuk manusia ialah Baitullah di Bakkah (Mekah), yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semesta manusia”.

Bacaan Doa Ibadah Haji

Doa menjadi salah satu hal penting dalam ibadah haji yang harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini beberapa bacaan doa yang harus dibaca selama ibadah haji:

1. Mabit di Mina

Doa yang dibaca saat mabit di Mina adalah sebagai berikut ini:

"Allahumma inni as’aluka fa’alal khairati wa tarkal munkarati wa hubbal masakin wa in aghnaita anil-faqr."

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar melakukan perbuatan-perbuatan baik, meninggalkan perbuatan-perbuatan buruk dan mencintai orang-orang yang lemah. Dan jika Engkau memberi kekayaan kepada kami, jangan jadikan kami merasa miskin.

BACA JUGA:   Ibadah Haji Untuk Almarhum

2. Tawaf Wada

Doa yang dibaca saat tawaf wada adalah sebagai berikut ini:

"La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahu al mulk wa lahu al hamd, yuhyi wa yumit wahuwa hayyun la yamut bi yadihil khair wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir."

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan dan segala puji bagi-Nya, Dia memberi hidup dan mematikan. Dia hidup senantiasa dan tidak akan mati, dengan tangan-Nya lah kebaikan dan kekuasaan-Nya atas segala sesuatu.

Kesimpulan

Ibadah haji adalah salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Pelaksanaan ibadah haji harus sesuai dengan tuntunan rosululloh, dalil-dalil Al-Quran, dan as-sunnah agar berjalan dengan baik dan sempurna. Selamat melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu dan semoga hati kita senantiasa di jalan yang benar.