Skip to content
Home » Dimana Dalil tentang Perintah Mengerjakan Ibadah Haji

Dimana Dalil tentang Perintah Mengerjakan Ibadah Haji

Berkaitan dengan ibadah haji, banyak pertanyaan yang sering muncul, salah satunya adalah dimana dalil tentang perintah mengerjakan ibadah haji. Sebagai umat muslim, melakukan ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan minimal satu kali dalam hidup untuk yang mampu. Dalil mengenai perintah untuk melakukan ibadah haji dapat ditemukan di dalam Al Quran dan juga hadits.

Dalil tentang Perintah Mengerjakan Ibadah Haji dalam Al Quran

Salah satu ayat al Quran yang menjelaskan tentang perintah untuk melakukan ibadah haji adalah surat Ali Imran ayat 97:

“Dan bagi orang yang sanggup menempuh perjalanan ke Baitullah (Mekah) untuk haji, tetapi menolaknya, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari segala alam.”

Dalam ayat tersebut, Allah SWT memberikan perintah bagi orang yang mampu untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah (Mekah). Oleh karena itu, ibadah haji menjadi sebuah amalan yang wajib bagi umat muslim yang mampu.

Dalil tentang Perintah Mengerjakan Ibadah Haji dalam Hadits

Selain dalam Al Quran, dalil mengenai perintah untuk melakukan ibadah haji juga dapat ditemukan di dalam hadits. Berikut ini adalah beberapa hadits yang menjelaskan mengenai perintah untuk melakukan ibadah haji:

  1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Islam dibangun di atas lima (pokok) perkara, yaitu membaca syahadat yang tiada tuhan selain Allah dan Muhammad itu utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan menjalankan haji ke Baitullah” (HR. Bukhari-Muslim).

  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang menunaikan haji karena Allah dan dalam keadaan tidak berkata-kata yang jelek dan tidak berbuat maksiat, maka ia akan kembali seperti pada saat ia dilahirkan oleh ibunya” (HR. Bukhari).

BACA JUGA:   Mengenal Lebih Dekat Ibadah Haji dan Umrah untuk LKPDSiswa

Dari kedua hadits tersebut, jelas terlihat bahwa Rasulullah SAW memberikan perintah dan menjelaskan pentingnya ibadah haji bagi umat muslim. Ibadah haji juga menjadi salah satu dari lima pokok ajaran islam yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu.

Penutup

Dari segi dalil dan ajaran islam, ibadah haji merupakan amalan yang harus dilaksanakan oleh setiap umat muslim yang mampu. Dimana dalil tentang perintah mengerjakan ibadah haji dapat ditemukan di dalam Al Quran dan juga hadits. Ayat dan hadits mengenai ibadah haji tersebut jelas memberikan perintah dan menggambarkan keutamaan serta pentingnya ibadah haji bagi setiap muslim. Oleh karena itu, mari kita semakin memperbanyak amalan ibadah dan memperkokoh rasa keimanan kepada Allah SWT.