Skip to content
Home » Doa Acara Manasik Haji

Doa Acara Manasik Haji

Manasik haji adalah salah satu rangkaian persiapan untuk melaksanakan ibadah haji. Ada banyak proses yang harus dipelajari ketika mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji, salah satunya adalah doa-doa yang perlu dihafalkan dan diamalkan.

Berikut adalah beberapa doa acara manasik haji yang perlu diketahui oleh calon jamaah haji:

Doa Rukun Haji

Doa rukun haji harus dipelajari oleh setiap calon jamaah haji karena doa ini berkaitan dengan rukun haji yang harus dilakukan. Salah satu doa rukun haji adalah doa ketika melakukan thawaf.

Doa Thawaf

"Bismillahi Allahu Akbar. Laa ilaaha illallah, wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa Huwa ‘ala kulli syai-in Qadiir. Allah hummagh fir li dzunuubi waftah li abwaaba rahmatika."

Doa thawaf diucapkan ketika calon jamaah haji melakukan thawaf di Ka’bah. Doa ini juga bisa diucapkan setiap kali jamaah haji melewati rukun Yamani.

Doa Ziarah Makam Rasulullah

Selain thawaf, calon jamaah haji juga akan melakukan ziarah makam Rasulullah ketika berada di Tanah Suci. Berikut adalah doa yang perlu dihafalkan calon jamaah haji saat ziarah makam Rasulullah:

"Assalamu ‘alaika ayyuhan Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibaadillahi as-shalihin. Ashhadu alaa ilaha illallah wa ashhadu anna Muhammadan abduhu wa rasuluh."

Doa ini diucapkan sebagai rasa hormat calon jamaah haji kepada Nabi Muhammad SAW ketika ziarah ke makam beliau. Selain itu, doa ini juga bisa diucapkan setiap kali mendengar nama Nabi Muhammad SAW.

Doa di Arafah

Arafah adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh calon jamaah haji. Berikut adalah doa yang perlu diucapkan saat berada di Arafah:

"La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir."

Doa ini perlu diucapkan saat calon jamaah haji berada di Arafah. Doa ini bisa diucapkan sebanyak-banyaknya karena sangat dianjurkan.

BACA JUGA:   Doa Pengen Naik Haji yang Perlu Diketahui

Doa Thawaf Ifadhah

Doa thawaf ifadhah perlu dihafalkan oleh calon jamaah haji karena doa ini berkaitan dengan thawaf wada’ atau thawaf terakhir sebelum kembali ke negara asal. Berikut adalah doa thawaf ifadhah:

"Bismillahi Allahu Akbar. Laa ilaaha illallah walillahil hamdu."

Doa ini diucapkan saat calon jamaah haji melakukan thawaf ifadhah atau thawaf wada’.

Doa Sa’i

Doa sa’i perlu diucapkan saat calon jamaah haji melakukan ritual sa’i atau berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah. Berikut adalah doa sa’i:

"Rabbighfir warham wa’fu wa anta khairur roohimin."

Doa ini diucapkan saat calon jamaah haji melangkah di antara Safa dan Marwah.

Kesimpulan

Itulah beberapa doa acara manasik haji yang perlu diketahui oleh calon jamaah haji. Dengan menghafal dan mengamalkan doa-doa tersebut, diharapkan calon jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para calon jamaah haji.