Skip to content
Home » Doa Agar Naik Haji dan Umroh: Meraih Pahala dan Keridhoan Allah

Doa Agar Naik Haji dan Umroh: Meraih Pahala dan Keridhoan Allah

Berkunjung ke Tanah Suci adalah impian banyak umat muslim di seluruh dunia. Melakukan ibadah haji dan umroh bukan hanya sekadar menunaikan kewajiban ibadah saja, namun juga mendapatkan pahala besar serta keridhoan Allah SWT.

Namun, perlu diketahui bahwa ibadah haji dan umroh tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak persyaratan serta doa agar naik haji dan umroh yang harus dilakukan dengan benar agar ibadah dapat diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa doa agar naik haji dan umroh yang sangat penting untuk diamalkan:

1. Doa Sebelum Mulai Melakukan Perjalanan

Sebelum kita memulai perjalanan ke Tanah Suci, kita perlu berdoa agar perjalanan kita diberkahi dan dilancarkan oleh Allah SWT. Doa yang dapat kita bacakan adalah sebagai berikut:

“Bismillah, tawakaltu ‘alallah, wa la haula wa la quwwata illa billah.”

Artinya: “Dalam nama Allah, aku menaruh kepercayaan pada-Nya, dan tidak ada daya serta kekuatan kecuali yang berasal dari-Nya.”

Kita juga bisa memperbanyak membaca istighfar dan salawat kepada Nabi Muhammad SAW agar doa kita terkabul dan perjalanan kita diberi kemudahan dan perlindungan oleh Allah SWT.

2. Doa Berkunjung ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram

Ketika kita tiba di Tanah Suci dan berkunjung ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, kita perlu bersujud syukur serta berdoa agar segala keinginan dan hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT. Doa yang dapat kita bacakan adalah sebagai berikut:

“Allahumma rabbana atina fid-dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adhaban-nar.”

BACA JUGA:   Doa Melayat Haji

Artinya: “Ya Allah, Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat, serta hindarkan kami dari siksa api neraka.”

3. Doa Saat Tawaf

Tawaf adalah salah satu ibadah yang dilakukan saat melaksanakan haji dan umroh. Saat melakukan tawaf, kita perlu memperbanyak membaca dzikir serta berdoa agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Doa yang dapat kita bacakan saat tawaf adalah sebagai berikut:

“Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar.”

Artinya: “Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

4. Doa Saat Sai

Sai adalah ibadah yang dilakukan saat umroh. Sai merupakan berlari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwa sebanyak tujuh kali. Saat melaksanakan sai, kita perlu memperbanyak membaca doa dan dzikir agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Doa yang dapat kita bacakan saat sai adalah sebagai berikut:

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulk, wa lahul hamd, wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir.”

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala pujian, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.”

5. Doa Selesai Melaksanakan Ibadah

Setelah kita selesai melakukan ibadah haji dan umroh, kita perlu berdoa agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan segala dosa kita diampuni oleh-Nya. Doa yang dapat kita bacakan adalah sebagai berikut:

“Allahumma taqabbal minni, innaka antas sami’ul ‘alim, wa tub ‘alayya, innaka antat tawwabur rahim.”

Artinya: “Ya Allah, terimalah dariku, Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, serta berikan ampunan-Mu pada diriku, Engkau Yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

BACA JUGA:   Harga Buku Saku Kecil Panduan Doa Haji

Kesimpulan

Ibadah haji dan umroh bukanlah sekadar perjalanan wisata biasa. Untuk melaksanakan dan mendapatkan pahalanya, kita perlu mempersiapkan dengan sungguh-sungguh, termasuk dengan membaca doa agar naik haji dan umroh dengan benar. Semoga kita semua dapat mendapatkan kesempatan untuk beribadah di Tanah Suci, dan mendapatkan keridhoan serta pahala dari Allah SWT. Aamiin.