Skip to content
Home » Doa Amil Menerima Zakat

Doa Amil Menerima Zakat

Zakat adalah wajib bagi setiap muslim yang memiliki harta melebihi nisab. Zakat dapat disalurkan kepada delapan jenis mustahik yang telah dijelaskan dalam Al Qur’an. Namun, sebelum menyalurkan zakat, kita harus memastikan kepada siapa kita menyalurkan zakat tersebut.

Amil Zakat adalah orang yang ditugaskan untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat. Seorang Amil Zakat harus memenuhi syarat dan kompeten dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu, sebelum menyalurkan zakat, kita harus memastikan bahwa orang yang menyalurkan zakat kita memiliki keahlian dan kepercayaan yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah doa amil menerima zakat yang dapat diucapkan ketika menyalurkan zakat kepada Amil Zakat.

"Allahumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad. Allahumma hadhihi amwaaluna faqduhha ‘alayna wa amwalul muslimiin so’uduhha ‘alayna. Allahumma shadadka tuhibbu shadaahatan faj’alnaa min ash-shuhaadai wa shadidan fil jannah. Allahumma swalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa sallayta ‘alaa Ibraahiim wa ‘alaa aali Ibraahiim, innaka hamiidum-majiid. Allahumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa baarakta ‘alaa Ibraahiim wa ‘alaa aali Ibraahiim, innaka hamiidum-majiid."

Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar zakat yang kita salurkan menjadi berkah dan bermanfaat bagi para mustahik. Kita juga memohon kepada Allah agar menyelamatkan kita dari segala bentuk kerusakan dan fitnah dalam menyalurkan zakat.

Ketika menyalurkan zakat kepada Amil Zakat, kita juga harus memperhatikan kredibilitas Amil Zakat tersebut. Kita harus memastikan bahwa Amil Zakat yang kita salurkan zakatnya memiliki keahlian dan kepercayaan yang dibutuhkan. Kita juga harus memastikan bahwa Amil Zakat tersebut memiliki kemampuan dalam menyalurkan zakat kepada para mustahik.

Untuk memastikan kredibilitas Amil Zakat, kita bisa melakukan pengecekan dan riset terlebih dahulu sebelum menyalurkan zakat. Kita bisa bertanya kepada pihak musyawarah zakat setempat atau kita bisa langsung berkomunikasi dengan Amil Zakat tersebut.

BACA JUGA:   Yang Berhak Menerima Zakat 2.5: Panduan Lengkap

Dengan melakukan pengecekan dan riset terlebih dahulu sebelum menyalurkan zakat, kita dapat memastikan bahwa zakat yang kita salurkan akan benar-benar tersalurkan kepada para mustahik dengan baik dan tepat.

Kesimpulannya, doa amil menerima zakat sangat penting dalam menyalurkan zakat kepada orang yang tepat. Kita harus memastikan bahwa Amil Zakat yang kita salurkan zakatnya memiliki kredibilitas yang tinggi dan memenuhi syarat sebagai Amil Zakat. Dengan melakukan pengecekan dan riset terlebih dahulu, kita dapat memastikan bahwa zakat yang kita salurkan akan tersalurkan kepada para mustahik dengan baik dan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin menyalurkan zakat dengan benar.