Skip to content
Home » DOA BAGI YANG BERANGKAT HAJI

DOA BAGI YANG BERANGKAT HAJI

Doa bagi yang berangkat haji merupakan doa yang sangat penting bagi umat Islam yang hendak melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Makkah dan Madinah. Doa ini sangat sering diucapkan oleh orang-orang Muslim di Indonesia sebelum mereka berangkat ke tanah suci. Tak hanya itu, doa ini juga menjadi ajang untuk berdoa dan memohon ampunan di hadapan Allah SWT sebagai wujud dari rasa syukur atas kesempatan untuk beribadah haji.

Keutamaan Beribadah Haji

Sebagai rangkaian dari rukun Islam, ibadah haji menjadi salah satu keutamaan yang sangat penting dalam hidup seorang Muslim. Berdasarkan riwayat-riwayat dari Rasulullah SAW, berhaji merupakan salah satu cara untuk membersihkan dosa-dosa, memperbaiki kehidupan, serta mendekatkan diri kepada-Nya.

Oleh karena itu, bagi umat Muslim yang mempunyai kesempatan untuk beribadah haji, hendaknya tidak menyia-nyiakan kesempatan berharga tersebut. Sebab, beribadah haji adalah kesempatan emas yang diberikan Allah SWT bagi hambanya untuk memperbaiki diri dan memperkuat iman.

Doa Bagi yang Berangkat Haji

Adapun doa bagi yang berangkat haji yang paling umum diucapkan oleh jamaah haji di Indonesia adalah sebagai berikut:

أَللّهُمَّ إِنَّا نَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ فِيْ حَجِّنَا فَارْزُقْنَا تَوْفِيْقَ الْحَجِّ وَ التَّقَّاءَ بِكَ وَجَمَعَنَا عَلَى النَّصِيْحَةِ وَيَرْضَى عَنَّا

"Ya Allah, kami bersimpuh dan bermunajat kepada-Mu di dalam ibadah Haji kami, berilah kami keberhasilan dalam ibadah Haji kami. Izinkan kami untuk bertemu dengan-Mu dan jadikanlah kami tergabung dalam kebaikan, semoga Engkau senantiasa ridha dengan kami."

Doa ini sangatlah penting dan bersifat personal, karena dalam doa ini umat Muslim mengajukan permohonan kepada Allah SWT melalui rasa syukur atas keberhasilan mereka untuk beribadah haji dan memohon perlindungan-Nya selama perjalanan dan masa tinggalnya di sana.

BACA JUGA:   Doa Untuk Orang yang Akan Menunaikan Haji

Kesimpulan

Dalam rangkaian ibadah Islam, berhaji menjadi salah satu ibadah yang memiliki keutamaan yang sangat besar. Penting bagi umat Muslim untuk mempersiapkan diri sebelum beribadah haji dengan baik dan sebaik mungkin, termasuk dengan berdoa dengan sepenuh hati sebelum berangkat. Sebab, beribadah haji bukanlah sekadar wujud formalitas, tetapi juga merupakan wujud ketulusan dan kesungguhan dalam beribadah kepada Allah SWT.