Skip to content
Home » Doa Bagi Yang Melaksanakan Haji dan Umrah

Doa Bagi Yang Melaksanakan Haji dan Umrah

Doa yang dipanjatkan oleh jamaah haji dan umrah sebelum dan selama ibadah sangat penting untuk menguatkan tekad dan memohon keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini beberapa doa yang dapat di amalkan sebelum dan pada saat melaksanakan haji dan umrah untuk mendapatkan keberkahan Allah SWT.

Doa Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Sebelum melaksanakan ibadah haji umrah, para jamaah perlu memperbanyak doa yang ditingkatkan dengan keikhlasan hati. Berikut ini adalah salah satu doa yang dapat dibaca sebelum berangkat ke tanah suci:

"Allahumma inni uridu ‘an adhhaba ila baytika al-harami fatahira qalbi wa taqabbala minni innaka anta al-sami’u al-‘alim"

"Ya Allah, sesungguhnya aku berniat untuk pergi ke Baitullah yang suci untuk membersihkan hatiku dan berharap agar Engkau menerima niatku. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Doa Ketika Masuk ke Tanah Suci

Setelah sampai di tanah suci, para jamaah haji dan umrah perlu memperbanyak doa. Ada beberapa doa ketika masuk ke tanah suci, salah satunya adalah:

"Bismillahi wa salatu wa salamu ala Rasulillah. Allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa na’udhu bika min shururihim"

"Dengan nama Allah, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ya Allah, kami meletakkan diri kami di bawah perlindungan-Mu dari kejahatan jamaah yang hadir di sini."

Doa Saat Melihat Kabaah

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh jamaah haji dan umrah adalah saat melihat Kabaah yang suci di Masjidil Haram. Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca ketika melihat Kabaah:

"Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin. Wa inna ila Rabbina lamunqalibuun"

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah yang telah menundukkan segala sesuatu untuk kami. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-Nya."

Doa Saat Tawaf

Setelah melihat Kabaah, jamaah haji dan umrah bisa memulai tawaf, yaitu mengelilingi Kabaah sebanyak tujuh kali. Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca saat melakukan tawaf:

"Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar"

"Maha Suci Allah, segala puji hanya untuk Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar."

Doa Saat Berada di Safa-Marwah

Setelah selesai melakukan tawaf, para jamaah haji dan umrah bisa pergi ke Bukit Safa dan Marwah untuk melakukan sa’i yaitu berlari-lari kecil antara Bukit Safa dan Marwah. Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca saat berada di Safa-Marwah:

"Rabbighfir warham wa anta khairurrahimin"

"Ya Allah, ampunilah dan berikanlah rahmat-Mu. Engkau adalah Maha Pemurah."

Dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah, yg terpenting adalah memahami arti dan makna dari setiap doa yang dibaca. Semoga dengan memperbanyak doa, jamaah haji dan umrah mendapatkan keberkahan dan keberuntungan dari Allah SWT.

BACA JUGA:   Kumpulan Doa Haji dan Umroh Doc: Doa yang Wajib Diketahui Sebelum dan Selama Melaksanakan Ibadah Haji dan Umroh