Skip to content
Home » Doa Berangkat Haji PDF: Panduan Lengkap dan Praktis Bagi Anda yang Ingin Berhaji

Doa Berangkat Haji PDF: Panduan Lengkap dan Praktis Bagi Anda yang Ingin Berhaji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Muslim setidaknya sekali seumur hidupnya jika memiliki kemampuan baik fisik maupun materi. Namun, persiapan yang matang dan persiapan doa berangkat haji menjadi kunci suksesnya ibadah haji tersebut. Untuk itu, kami akan memberikan panduan doa berangkat haji pdf yang lengkap dan praktis bagi Anda yang ingin berhaji.

Apa itu Doa Berangkat Haji PDF?

Doa Berangkat Haji PDF adalah panduan doa-doa dan tata cara berhaji dalam bentuk file pdf yang dapat diunduh dan dibaca dari gadget Anda. Di dalam file pdf tersebut terdapat berbagai macam doa yang dapat dibaca dan dihafalkan oleh calon jamaah haji sebelum berangkat haji.

Doa-doa Berangkat Haji yang Harus Diketahui

Berikut adalah beberapa doa berangkat haji yang dihimpun dari kitab-kitab hadist dan Al-Quran yang harus diketahui oleh calon jamaah haji:

1. Doa Musafir

Doa musafir adalah doa yang dibaca oleh orang yang bepergian. Doa ini harus dibaca sebelum berangkat dari rumah menuju bandara atau tempat keberangkatan menuju Mekkah. Doa musafir dapat dibaca dengan mengucapkan kalimat berikut:

"Subhanallathii sakhkhara lanaa haadzaa wamaa kunna lahoo muqriniin. Wa-innaa ilaa rabbinaa la-munqalibuun."

Artinya, "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan segala makhluk untuk kami, dan tidaklah kami mampu melakukannya. Sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

BACA JUGA:   Doa yang dibaca orang yang datang haji - Penuh Makna dan Hikmah

2. Doa Masuk Masjidil Haram

Doa ini dibaca ketika memasuki Masjidil Haram yang merupakan tempat utama melakukan ibadah haji di Mekkah. Doa tersebut dapat dibaca dengan mengucapkan kalimat berikut:

"Allahumma aftah lii abwaaba rahmatika."

Artinya, "Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."

3. Doa Naik Bus Menuju Jamarat

Doa ini dibaca ketika akan naik bus menuju tempat melempar jumrah atau jamarat. Doa ini dapat dibaca dengan ucapan kalimat sebagai berikut:

"Bismillahi walhamdulillahi wassalaatu wassalaamu ‘alaa Rasuulillah. Allahumma haaadzaa lanaa bi-baladin ‘amartahum, fa-inni a’uudhu bika min ‘adhabi jahannam."

Artinya, "Dengan menyebut nama Allah, segala puji hanya untuk Allah, semoga sholawat dan salam terlimpah kepada Rasulullah. Ya Allah, kami datang ke negeri yang Engkau perintahkan, maka aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka."

Tahapan-tahapan Doa Berangkat Haji

Berikut adalah beberapa tahapan doa berangkat haji yang harus dipersiapkan dengan matang:

1. Persiapan Fisik dan Mental

Sebelum berangkat haji, calon jamaah haji harus mempersiapkan fisik dan mentalnya terlebih dahulu. Persiapan ini dilakukan dengan rajin berolahraga dan rutin mengonsumsi makanan sehat agar tubuh dapat terjaga kesehatannya selama beribadah di tanah suci. Selain itu, calon jamaah haji juga harus mempersiapkan mentalnya dengan selalu memperbanyak ibadah dan doa sebelum berangkat.

2. Membaca Doa-doa Berangkat Haji

Membaca doa-doa berangkat haji merupakan bagian yang tidak boleh diabaikan oleh calon jamaah haji. Doa-doa tersebut harus dibaca bergantian dan dihafalkan sejak jauh-jauh hari sebelum berangkat. Hal ini agar calon jamaah haji dapat terbiasa membaca doa tersebut dan dapat dihafal dengan mudah.

3. Mengikuti Tata Cara Berhaji dengan Benar

Calon jamaah haji harus memperhatikan tata cara berhaji yang benar sesuai dengan syariat Islam. Hal ini penting untuk dilakukan agar ibadah haji yang dilaksanakan menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Untuk itu, calon jamaah haji harus banyak membaca buku-buku atau video tutorial tentang tata cara berhaji.

BACA JUGA:   7 Doa Mau Berangkat Haji dari Rumah untuk Menjaga Keselamatan

Kesimpulan

Mengikuti ibadah haji adalah impian setiap umat Muslim di seluruh dunia. Namun, persiapan yang matang terkait doa berangkat haji menjadi kunci suksesnya pelaksanaan ibadah haji tersebut. Dengan membaca dan menghafal doa berangkat haji sejak jauh-jauh hari, calon jamaah haji akan terbiasa membacanya dengan mudah di waktu yang akan datang saat beribadah di tanah suci. Oleh karena itu, kami menyediakan panduan doa berangkat haji pdf yang lengkap dan praktis untuk Anda yang ingin berhaji. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Alhamdulillah.