Skip to content
Home » Doa Berangkat Haji: Unsur Penting dalam Melaksanakan Ibadah Haji

Doa Berangkat Haji: Unsur Penting dalam Melaksanakan Ibadah Haji

Bismillahirrahmanirrahim, dengan memohon rahmat dan ridho dari Allah SWT, mari kita bahas tentang salah satu unsur penting dalam melaksanakan ibadah haji, yaitu doa berangkat haji.

Sebagai muslim, kita tentu sudah mengenal betul tentang pentingnya berdoa baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam beribadah. Begitu juga saat melaksanakan ibadah haji, doa sangatlah penting untuk meminta perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa doa berangkat haji yang bisa kamu amalkan sebelum berangkat ke tanah suci:

Doa Niat Berhaji

Doa niat berhaji merupakan doa yang mesti dibaca oleh setiap jamaah haji sebelum memulai melaksanakan manasik haji. Doa ini mengandung makna bahwa jamaah haji telah memastikan niat yang murni dan sungguh-sungguh untuk melaksanakan ibadah haji sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Berikut adalah doa niat berhaji yang dapat kamu amalkan:

"Nawaitul Hajjata lillahi ta’ala"

Artinya: "Aku berniat haji karena Allah SWT."

Doa Naik Kendaraan Menuju Bandara

Saat kamu akan berangkat menuju bandara untuk melaksanakan ibadah haji, bacalah doa ini agar Allah SWT memberikan perlindungan dan keselamatan saat melakukan perjalanan.

"Bismillahi tawakkaltu ‘ala Allah, wa laa haula wa laa quwwata illa billah."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah SWT, aku bertawakal pada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah SWT."

Doa Saat Mengenakan Pakaian Ihram

Saat berada di miqat, kamu akan mengenakan pakaian ihram sebagai tanda bahwa kamu akan masuk ke dalam ibadah haji. Bacalah doa ini saat mengenakan pakaian ihram untuk memohon ridho dan keberkahan dari Allah SWT.

BACA JUGA:   Bacaan Doa untuk Orang Pergi Haji

"Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulk, laa syariika lak."

Artinya: "Aku menjawab panggilan-Mu Ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku menjawab panggilan-Mu Ya Allah. Segala puji, nikmat dan kerajaan hanyalah milik-Mu Ya Allah. Tidak ada sekutu bagi-Mu."

Doa Masuk Ka’bah

Saat kamu telah sampai di Ka’bah, bacalah doa ini sebelum masuk ke dalam Ka’bah. Doa ini memohon ridho dan keberkahan dari Allah SWT saat melakukan tawaf dan ibadah di dalam Ka’bah.

"Allahummaftah li abwaba rahmatik."

Artinya: "Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu untukku."

Doa Saat Bertawaf

Bertawaf adalah salah satu rukun umroh dan haji yang harus dilaksanakan oleh setiap jamaah haji ketika berada di Makkah. Bacalah doa ini saat melakukan tawaf untuk memohon keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT.

"Bismillahi Allahu akbar."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah SWT, Allah Maha Besar."

Doa Saat Mendaki Bukit Shafa dan Marwah

Setelah selesai melakukan tawaf, kamu akan mendaki Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Bacalah doa ini saat dalam perjalanan menuju Bukit Shafa dan Marwah untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT.

"Bismillahi Allahu Akbar."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah SWT, Allah Maha Besar."

Doa Ziarah Kubur

Setelah menunaikan ibadah haji, banyak jamaah haji yang mengunjungi makam Rasulullah SAW, para sahabat, dan wali-wali Allah. Bacalah doa ini saat berkunjung ke kuburan untuk memohon keberkahan dan meraih manfaat dari kunjungan ke makam-makam tersebut.

"As-salaamu alaikum ahladz-diyari minal mu`minin wal muslimin, wa inni insya-allahu bikum lahiqun. Nas’alullaha lana wa lakumul ‘afiyah."

Artinya: "Salam sejahtera bagi kalian penduduk negeri orang mukmin dan muslim, semoga aku berjumpa dengan kamu kelak jika Allah menghendaki. Kami memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT bagimu dan untuk diri kami sendiri."

BACA JUGA:   Ucapan Mohon Doa Restu Keberangkatan Haji

Dalam melaksanakan ibadah haji, doa berangkat haji memang merupakan salah satu unsur penting yang harus dilaksanakan oleh jamaah haji. Dengan berdoa, kita memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT untuk menjalankan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk.

Semoga doa-doa tersebut dapat membantu para jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji dengan maksum dan mabrur serta memupuk kecintaan kita terhadap Allah SWT. Aamiin.