Skip to content
Home » "Doa dalam Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah Arab Latin"

"Doa dalam Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah Arab Latin"

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai doa dalam menunaikan ibadah haji dan umrah beserta dengan teks arab latinnya. Sebelum itu, kita ketahui terlebih dahulu bahwa doa atau ibadah adalah tindakan spiritual yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim.

Doa-doa Utama dalam Menunaikan Ibadah Haji

Ketika sedang menunaikan ibadah haji, ada beberapa doa utama yang perlu kita ketahui, yaitu:

  1. Doa ketika memasuki Tanah Haram:

    Bismillahirrahmanirrahim, Allaahumma haza harumuka wa mafaza’uka wa amanuka wa ridhaaka, Allahumma aj’al hu haraman muhtasaban ila yawmiddin. (Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Ya Allah, inilah tanah yang diharamkan-Mu, tempat keselamatan-Mu, dan keridhaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah tempat ini haram yang diberkahi hingga hari kiamat.)

  2. Doa ketika melihat Ka’bah untuk pertama kalinya:

    Allahumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaaraktay yaa dzal jalali wal ikram. (Artinya: Ya Allah, Engkau mutlak memberikan kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan, berkat-Mu, wahai Tuhan pemilik keagungan dan kemurahan.)

  3. Doa di Multazam:

    Allaahumma inni as’aluka ‘an tarudda li hajati fi hadzihil baladil haram, wa an ya’lu li min amri ma warattahu. (Artinya: Ya Allah, aku memohon agar Engkau mengabulkan permintaanku di negeri yang diberkahi ini dan memudahkan segala urusanku.)

Doa-doa Utama dalam Menunaikan Ibadah Umrah

Selain doa-doa di atas, ada beberapa doa utama ketika melakukan ibadah umrah, yaitu:

  1. Doa setelah bertawaf:

    Rabbana atina fid-dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adhaban-nar.’ (Artinya: Ya Rabb kita, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan selamatkan kami dari siksa neraka.)

  2. Doa setelah sa’i:

    Allahumma ighfir lana, warhamna, wa’fu ‘anna, wa ‘afi ‘anna, wa adkhilna jannatul firdausi ma’a al-abrar. (Artinya: Ya Allah, ampunilah kami, sayangilah kami, terimalah taubat kami, sejahterakan kami, dan masukkan kami ke dalam surga firdaus dengan orang-orang yang beriman.)

  3. Doa setelah tahallul:

    ‘Labbayk Allahumma labbayk, labbayka laa syarika laka labbayk, innal hamda wan nimata laka wal mulk, laa syarika lak.’ (Artinya: Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau, segala puji, nikmat, dan kerajaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.)

Kesimpulan

Demikianlah doa-doa dalam menunaikan ibadah haji dan umrah beserta dengan teks arab latinnya. Kita harus selalu berdoa agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

BACA JUGA:   Ucapan Mohon Doa Restu Berangkat Haji