Skip to content
Home » Doa dari Alquran Agar Cepat Naik Haji

Doa dari Alquran Agar Cepat Naik Haji

Jutaan umat Muslim di seluruh dunia bermimpi untuk dapat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah setidaknya sekali dalam hidup mereka. Tidak hanya menjadi salah satu dari rukun Islam, haji juga merupakan bentuk pengampunan terbesar yang dapat diberikan oleh Allah SWT. Namun, mengingat antrean yang panjang, banyak umat Muslim yang harus menunggu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun untuk mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji.

Kabar baiknya, ada doa yang dapat membantu mempercepat proses naik haji. Berdasarkan ayat Alquran dan hadis Rasulullah SAW, terdapat beberapa doa yang disebutkan dalam Islam yang dapat dipanjatkan agar seseorang bisa segera naik haji. Berikut beberapa doa tersebut:

Doa agar cepat naik haji

1. Doa di dalam ayat Alquran

Doa dalam Alquran tidak pernah salah dan pasti terdapat kebaikan di dalamnya. Oleh karena itu, untuk mewujudkan impian umat Islam naik haji, seseorang bisa membaca surah Al-Imran ayat 97-98 sebagai doa agar diri sendiri dan orang-orang yang disayanginya bisa segera naik haji.

Artinya: "Muka manusia pada hari itu akan bercahaya, menghadap kepada Tuhannya yang Maha Mulia lagi Maha Bijaksana. Dan untuk orang yang kafir, kekayaannya tiada memperoleh manfaat baginya, dan tidak (pula) anak cucunya; sedangkan bagi orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, niscaya merekalah yang akan memperoleh kelimpahan kenikmatan."

2. Doa Rasulullah SAW

Selain doa di dalam Alquran, juga terdapat doa dari Nabi Muhammad SAW mengenai naik haji yang juga dapat dipanjatkan oleh umat Muslim yang ingin menunaikan ibadah haji. Berikut doa dari Rasulullah SAW:

اَللّٰهُمَّ حَقِّقْ حاجَةَ عَبْدِكَ لِحَجِّ بَيْتِكَ الْحَرامِ
Artinya, "Ya Allah, penuhilah kebutuhan hamba-Mu untuk menunaikan ibadah haji di rumah-Mu yang suci."

Tips agar dapat Naik Haji

Selain berdoa, terdapat beberapa tips yang dapat membantu seseorang untuk mendapatkan kesempatan naik haji lebih cepat, di antaranya:

BACA JUGA:   Buku Dzikir dan Doa Haji dan Umrah PDF Kemenag - Panduan Lengkap untuk Berhaji dan Berumrah

1. Menabung

Menabung adalah salah satu cara yang dapat membantu seseorang untuk dapat menunaikan ibadah haji secara mandiri tanpa mengharap bantuan dari orang lain.

2. Mendaftar lebih awal

Mendaftar untuk mendapat kesempatan menunaikan ibadah haji lebih awal juga dapat membantu. Biasanya, pendaftaran dibuka setiap tahun. Dengan mendaftar lebih awal, peluang untuk mendapatkan jatah haji lebih besar.

3. Bergabung dengan kelompok

Tidak sedikit orang yang memilih untuk bergabung dengan kelompok tabungan haji atau biro travel haji karena biasanya keberangkatan akan dipercepat.

Kesimpulan

Menunaikan ibadah haji adalah impian bagi banyak umat Islam. Selain berdoa, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar mendapatkan kesempatan untuk naik haji lebih cepat. Namun, yang terpenting adalah terus memperdalam ilmu agama, beramal shaleh, dan menjaga niat agar impian menunaikan ibadah haji menjadi semakin dekat. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi umat Muslim dalam menunaikan ibadah haji.