Skip to content
Home » Doa-Doa Seputar Umroh dan Haji Sesuai Sunnah

Doa-Doa Seputar Umroh dan Haji Sesuai Sunnah

Bagi seorang muslim, ibadah umroh dan haji adalah suatu pengalaman yang tak ternilai harganya. Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, salah satunya dengan melaksanakan umroh dan haji. Kedua amal ibadah ini sama-sama memiliki keutamaan dan manfaat yang besar bagi kehidupan akhirat kita.

Dalam menjalankan umroh dan haji, doa merupakan salah satu kunci penting untuk memperoleh kemudahan dan keberhasilan dalam melaksanakan ibadah. Berikut ini adalah beberapa doa seputar umroh dan haji sesuai sunnah yang dapat kita amalkan untuk memperoleh berkah dan keberkahan dari Allah SWT.

Doa Ketika Melakukan Tawaf

Tawaf merupakan salah satu rukun dari ibadah haji maupun umroh yang harus dilakukan oleh setiap jamaah. Berikut ini adalah salah satu doa saat melakukan tawaf:

"Allahumma anta al-salam wa minka al-salam, tabarakta ya dhal jalali wal ikram."

Artinya: "Ya Allah, Engkau Mahamulia dan dari-Mu segala keselamatan, dimuliakanlah Engkau wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Doa ini dilakukan setelah melakukan niyah dan menyentuh Hajar Aswad di awal tawaf.

Doa Ketika Mencium Hajar Aswad

Hajar Aswad merupakan salah satu objek kunyah dalam ibadah haji maupun umroh. Berikut ini adalah doa saat mencium Hajar Aswad:

"Bismillahi Allahu akbar."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar."

Doa ini dilakukan saat mencium Hajar Aswad, yang terletak di dinding Ka’bah.

Doa Ketika Bertahallul

Tahallul merupakan salah satu tahapan dalam melaksanakan ibadah umroh maupun haji yang meliputi memandikan diri dan mengganti pakaian ihram. Berikut ini adalah doa saat bertahallul:

"Labbayka Allahumma labbayk, labbayka laa syariika laka labbayk, innal hamda wan nimata laka wal mulk, laa syariika lak."

Artinya: "Aku hadir ya Allah, aku hadir. Aku hadir dan aku tidak mempersekutukan-Mu dengan sesuatu pun. Sesungguhnya segala puji, nikmat, dan kerajaan hanya milik-Mu, dan tidak ada sekutu bagi-Mu."

BACA JUGA:   Doa untuk Menyambut Orang Pulang Haji

Doa ini dilakukan sebelum mandi dan mengganti pakaian ihram.

Doa ketika Melakukan Sa’i

Sa’i dilakukan dengan berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali. Berikut ini adalah doa saat melakukan sa’i:

"Allahumma inni as-aluka al-jannah, wa a’udzu bika min al-nar."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jannah (surga) dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka."

Doa ini dapat dilakukan setiap kali melakukan satu putaran antara bukit Safa dan Marwah.

Doa Ketika Mendekati Ka’bah

Berikut ini adalah doa ketika mendekati Ka’bah saat melaksanakan tawaf ataupun hanya melihatnya:

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Ash-hadu alla ilaha ill-Allah, Ash-hadu alla ilaha ill-Allah, Ash-hadu anna Muhammad Rasulullah, Ash-hadu anna Muhammad Rasulullah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, walillahil hamd."

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah."

Doa ini dilakukan saat kita melihat Ka’bah ataupun sedang melaksanakan tawaf.

Kesimpulan

Demikian doa-doa seputar umroh dan haji sesuai sunnah yang dapat kita amalkan dalam menjalankan ibadah kita. Semoga dengan mengamalkan doa-doa tersebut, Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam setiap langkah kita menjalankan ibadah umroh dan haji, serta memberikan taufik dan hidayah bagi kita untuk selalu beribadah dan beramal sholeh. Wallahu’alam.