Skip to content
Home » Doa-doa Wajib Haji: Panduan Lengkap untuk Calon Jemaah Haji

Doa-doa Wajib Haji: Panduan Lengkap untuk Calon Jemaah Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh seorang Muslim yang telah memenuhi syarat tertentu. Haji dilakukan setiap tahun dengan jumlah jemaah yang semakin bertambah dari tahun ke tahun. Sebelum berangkat ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji, seorang calon jemaah haji harus mempelajari doa-doa wajib haji yang menjadi bagian dari rangkaian ibadah tersebut.

Berikut ini adalah panduan lengkap tentang doa-doa wajib haji yang harus dipelajari oleh calon jemaah haji.

Doa-doa yang Harus Dibaca Sebelum Masuk Makkah

Setelah seorang calon jemaah haji tiba di Makkah, ada beberapa doa yang harus dibaca sebelum memasuki Makkah. Doa-doa tersebut adalah sebagai berikut:

  • Talbiyah: "Labbayka Allahumma labbayk, labbayka laa syariika laka labbayk, innal hamda wan ni’mata laka wal mulk, laa syariika lak". Doa ini harus dibaca sebanyak-banyaknya selama perjalanan ke Makkah.

  • Doa Masuk Makkah: "Allahumma antas salam wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram". Doa ini harus dibaca setelah tiba di pintu masuk Makkah.

  • Doa Melihat Ka’bah: "Allahu akbar" atau "Subhanallah". Saat melihat Ka’bah untuk pertama kalinya, harus membaca salah satu dari dua doa tersebut.

Doa-doa yang Harus Dibaca saat Tawaf

Setelah memasuki masjidil haram, jemaah haji harus melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Selama tawaf, ada beberapa doa yang harus dibaca, yaitu:

  • Doa Tawaf:

"Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabri wa a’udzu bika min ‘adzabil nar wa a’udzu bika min fitnatil mahya wal mamat wa a’udzu bika min fitnatil masihid dajjal"

BACA JUGA:   Memahami Konsep Membadalkan Haji: Siapa yang Bisa Melakukannya dan Syarat-Syaratnya

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka dan aku berlindung kepada-Mu dari cobaan kehidupan dan mati serta aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Dajjal.”

  • Doa Istighfar: "Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih". Setelah melakukan tawaf, harus membaca doa istighfar sebanyak 3 kali.

Doa-doa yang Harus Dibaca pada Saat Wukuf di ‘Arafah

Setelah selesai melakukan tawaf, jemaah haji harus menuju ‘Arafah untuk melakukan wukuf selama satu hari. Selama wukuf, ada beberapa doa yang harus dibaca, yaitu:

  • Doa Wukuf:

"Laailaahaillallahu wahdahu laasyarikalahu lahulmulku walahulhamdu yuhyii wayumiitu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir"

Artinya: “Tidak ada Illah yang berhak diibadahi kecuali Allah, yang satu-satu-Nya yang tidak memiliki sekutu. Bagi-Nya kerajaan dan puji-pujian yang dianugerahkan oleh-Nya. Dia yang menghidupkan dan mematikan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

  • Doa Qunut Nazilah: "Allahumma ihdini feeman hadayta wa ‘afini feeman ‘afayta wa tawallani feeman tawallayta wa barik li feema a’thoyta wa qini syarra ma qodzayta innaka taqdhi walaa yuqdha ‘alayka innahu laa yaziluman walayazilu man walayta tabarakta rabbanaa wa ta’alaita astaghfiruk wa atuubu ilayh".

Setelah memohon di dalam hati, baca 7 kali:

"Allahumma salli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad".

Doa-doa yang Harus Dibaca pada Saat Mengulangi Tawaf

Setelah wukuf di ‘Arafah selesai, jemaah haji harus kembali menuju Masjidil Haram untuk melakukan tawaf kedua yang disebut sebagai tawaf ifadah. Selama melakukan tawaf ifadah, ada beberapa doa yang harus dibaca, yaitu:

  • Doa Tawaf ifadah: "Allahumma haadhihi tawaafuna taqabbal minna innaka antas samiiul ‘aliimu, alladzii laa yukhfu ‘alayhi shay’un".
BACA JUGA:   Cara Mendoakan Orang Tua yang Pergi Haji

Artinya: “Ya Allah, terimalah tawaf kami ini. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dan tidak ada yang tersembunyi bagi-Mu.”

  • Doa Shalat di Makkah: "Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanatanw wa fil akhiroti hasanatanw wa qinaa ‘adzaaban naar". Setelah selesai melakukan tawaf, harus melakukan shalat sunnah dua rakaat dan membaca doa ini setelah salam.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa doa-doa wajib haji yang harus diketahui oleh calon jemaah haji sebelum berangkat ke Makkah. Semoga bermanfaat dan memudahkan pelaksanaan ibadah haji bagi semua orang yang akan menunaikannya. Jangan lupa selalu membaca doa-doa dalam setiap tahapan ibadah haji dengan penuh khusyuk dan keikhlasan hati.