Skip to content
Home » Doa Doa yang Dibaca Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Doa Doa yang Dibaca Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Sebagai umat muslim, ibadah haji merupakan suatu kegiatan yang sangat diidamkan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Sebelum melakukan ibadah haji, ada beberapa doa yang harus dibaca agar ibadah haji kita menjadi lancar, diterima dan bermanfaat. Berikut ini adalah doa doa yang harus dibaca saat melaksanakan ibadah haji.

Doa Ihram

Doa ini dibaca ketika seorang jamaah haji telah melakukan mandi wajib, memakai pakaian ihram, dan sudah berada di miqat. Doa Ihram adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ تَعَالَى وَالْحَمْدُ لِلَّهِ اللَّهُمَّ إِنِّي تَهَوَّدْتُ لَكَ الْحَجَّ فَيَسِّرْهُ لِي وَتَقَبَّلْهُ مِنِّي

“Bismillah, Alhamdulillah. Allahumma inni tahawadtu laka al-hajja fayassirhu li wa taqabbalhu minni”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah. Ya Allah, aku niat berihram untuk haji, mudahkanlah perjalananku dan terimalah ibadah hajiku.”

Doa di Padang Arafah

Padang Arafah menjadi tempat penting dalam pelaksanaan ibadah haji. Doa yang harus dibaca di Padang Arafah adalah sebagai berikut:

لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لايَمُوْتُ أَنَّى رَحِمْتَنِي يَامَنْ لاَ يَرْحَمُ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ

“La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamd, yuhyi wa yumitu wa huwa hayyun la yamut, anna rahimtani ya man la yarhamul mustaghfirin.”

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dialah Yang menghidupkan dan mematikan dan Dia itu hidup selamanya tidak mati. Wahai Tuhan Yang telah memberikan rahmat-Nya kepada ku, yang tidak memberikan rasa kasihan kepada orang yang memohon ampunan.”

BACA JUGA:   Doa Sapujagat di Saat Haji

Doa di Muzdalifah

Muzdalifah adalah tempat untuk bermalam setelah wukuf di Arafah dan sebelum melontar jumrah di Mina. Doa yang harus dibaca di Muzdalifah adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana atmim lana nuurana, waghfir lana innaka `ala kulli shay’in qadir.”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di Akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api Neraka.”

Doa di Mina

Mina adalah tempat untuk melontar jumrah yang merupakan rangkaian dari pelaksanaan ibadah haji. Doa yang harus dibaca di Mina adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Rabbana taqabbal minna innaka anta al-sami’u al-`alim.”

Artinya: “Ya Allah, terimalah (amalan) kami, karena Engkau yang Maha Mendengar Maha Mengetahui.”

Doa Tawaf dan Sa’i

Tawaf dan Sa’i adalah rangkaian dari pelaksanaan ibadah haji. Doa yang harus dibaca ketika melakukan Tawaf dan Sa’i adalah sebagai berikut:

“Subhanallahi wal hamdulillahi wa la pada illa Allah hu, Wallahu Akbar, Wa la haula wa la quwwata illa billah.”

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tidak ada daya upaya kecuali dengan pertolongan Allah.”

Kesimpulan

Itulah doa doa yang harus dibaca saat melaksanakan ibadah haji. Doa doa tersebut sangat penting untuk membantu pelaksanaan ibadah haji kita agar lancar, diterima dan bermanfaat. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membaca doa doa tersebut dengan khusyuk dan hati yang bersih sepanjang pelaksanaan ibadah haji. Semoga kita semua dapat menjadi haji yang mabrur dan mendapatkan ridho Allah SWT. Aamiin.

BACA JUGA:   Mengenal Lebih Dalam Tradisi Lebaran Haji di Mekah: Perayaan yang Sarat Makna dan Spiritualitas