Skip to content
Home » Doa Haji Mabrur Tulisan Arab: Makna dan Keutamaannya

Doa Haji Mabrur Tulisan Arab: Makna dan Keutamaannya

Haji merupakan salah satu ibadah yang wajib bagi umat Islam yang mampu melaksanakannya. Saat melaksanakan ibadah haji, umat Islam membaca doa haji mabrur tulisan arab sebagai wujud syukur dan harapan agar amal ibadah haji yang dilakukan diterima oleh Allah SWT.

Arti Doa Haji Mabrur

Doa haji mabrur tulisan arab memiliki arti yang sangat dalam dan memiliki keutamaan tersendiri. Mabrur berasal dari kata “bar” yang berarti baik atau benar. Sehingga doa haji mabrur artinya doa untuk mendapatkan haji yang diterima oleh Allah SWT karena dilakukan dengan niat yang tulus, ikhlas dan sesuai dengan ajaran Islam.

Keutamaan Membaca Doa Haji Mabrur

Membaca doa haji mabrur tulisan arab memiliki banyak keutamaan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi Keluarga Allah SWT

Membaca doa haji mabrur dapat membuat seseorang menjadi anggota keluarga Allah SWT. Hal ini disebabkan karena haji adalah salah satu ibadah yang paling mulia di sisi Allah SWT.

  1. Dibukakan Pintu Surga

Bila doa haji mabrur dibaca dengan tulus dan ikhlas maka Allah SWT akan membukakan pintu surga atau kebahagiaan dunia dan akhirat untuk kita.

  1. Penebus Dosa

Dalam melaksanakan ibadah haji mungkin ada kesalahan yang dilakukan oleh jamaah dengan tidak sengaja. Dengan membaca doa haji mabrur, diharapkan Allah SWT dapat memperbaiki kesalahan yang dilakukan dan tidak menyertakan dosa.

  1. Mendapatkan Pahala Seperti Haji

Membaca doa haji mabrur juga memiliki manfaat pahala seperti pada saat seorang muslim melakukan ibadah haji. Dengan membaca doa haji mabrur, diharapkan Allah SWT akan memberikan pengampunan dan memberikan pahalanya kepada kita.

BACA JUGA:   Bacaan Doa Haji dan Umroh

Kajian Lain tentang Doa Haji Mabrur

Banyak ulama dan cendikiawan Islam yang telah mengkaji doa haji mabrur ini. Ada beberapa diantaranya yang membahas tema tentang keutamaan doa haji mabrur, kandungan doa haji mabrur, hingga perbendaharaan hadis yang menjelaskan tentang doa haji mabrur.

Kesimpulan

Doa haji mabrur tulisan arab adalah doa yang sangat penting dibaca saat kita melaksanakan ibadah haji. Doa ini memiliki makna dan keutamaan yang sangat dalam seperti dapat membuat kita menjadi anggota keluarga Allah SWT, dibukakan pintu Surga, penebus dosa, serta mendapatkan pahala seperti saat melaksanakan ibadah haji. Semoga informasi ini dapat membantu kita meningkatkan kualitas ibadah kita.