Skip to content
Home » Doa Haji yang Mabrur: Mendapatkan Restu dari Allah

Doa Haji yang Mabrur: Mendapatkan Restu dari Allah

Haji adalah rukun Islam yang lima dan menjadi kewajiban bagi setiap orang yang mampu baik secara fisik maupun finansial. Kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya pada bulan Dzulhijjah. Para jamaah yang pergi berhaji tentunya memiliki harapan mendapatkan haji yang mabrur. Namun, apa itu haji yang mabrur? Bagaimana kita mendapatkannya? Apakah ada doa khusus yang harus dibaca agar haji kita berjalan dengan lancar?

Haji yang mabrur adalah haji yang diterima Allah dengan kesempurnaan dan tanpa cacat sedikit pun. Haji yang mabrur akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita, di antaranya pembukaan pintu rezeki, membuka pintu pengetahuan, mendapat keberkahan dalam kehidupan, dan yang terpenting adalah mendapat ridho dari Allah.

Banyak doa yang bisa dilantunkan oleh jamaah haji yang tentunya akan membuka pintu-pintu keberkahan. Berikut ini adalah doa haji yang mabrur:

1. Doa Tawaf

Setiap jamaah yang telah tiba di Mekah akan mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali dalam rangkaian ibadah tawaf. Doa tawaf dapat dilantunkan sambil berputar mengelilingi Ka’bah dengan tangan diangkat setinggi dada.

“Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syaiy-in qadiir.”

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu”

2. Doa Sa’i

Setelah selesai melaksanakan tawaf, jamaah akan melanjutkan dengan ibadah sa’i yaitu berlari-larian dari bukit Safa ke Marwah sebanyak tujuh kali. Saat berada di antara dua bukit itulah, jamaah bisa membaca doa yang bermakna memohon ampun dan pengampunan.

BACA JUGA:   Doa Populer Jamaah Haji

“Rabbighfirlii walla tahrimnii ajrii waj’alii mimman tawwabaa warraziim.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan jangan tinggalkan aku tanpa ampunan-Mu. Jadikan aku di antara orang-orang yang selalu bertaubat dan diberi rahmat”

3. Doa Arafah

Pada hari Arafah, jamaah akan berkumpul di padang Arafah untuk melaksanakan ibadah wukuf yang juga sangat penting dalam rangkaian ibadah haji. Setiap jamaah disarankan untuk banyak berdoa di hari Arafah, terutama pada waktu dzuhur hingga matahari terbenam.

"Allaahumma lakalhamd, wa laka syukru kama yambagi liwajhika, wa jalla thanaa’uka wa laailaaha ghairuk."

Artinya: "Ya Allah, segala puji bagi-Mu, setiap nikmat adalah hasil pemberian-Mu, segala keutamaan adalah milik-Mu, dan tidak ada Tuhan kecuali Engkau."

4. Doa di Muzdalifah

Di malam hari setelah wukuf di Arafah, jamaah akan melanjutkan perjalanan menuju Muzdalifah. Saat berada di Muzdalifah, jamaah bisa membaca doa untuk memohon ampun dan keselamatan.

“Allaahumma innii as’aluka rizqan thoyyiban, wata’amman wasi’an, wa’asyqan ghayraa dahhakan wala maqruun.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon rizki yang baik, cukup makanan, minuman yang cukup, dan janganlah membuat diriku kehausan dan kelaparan.”

5. Doa Tasyriq

Setelah melaksanakan ibadah wukuf, jamaah akan melaksanakan ibadah Tasyriq selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Dzulhijjah. Pada kesempatan ini, jamaah bisa membaca doa Tasyriq.

"SubhaanaLLaah walhamdu liLLaah wa laa ilaaha illaLLaah wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billaah."

Artinya: "Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, dan tidak ada ilah selain Allah. Allah Maha Besar, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Membaca doa-doa tersebut dengan baik dan benar akan membawa keberkahan dalam menjalankan ibadah haji. Selain itu, menjaga niat dan hati yang ikhlas serta selalu berdoa kepada Allah SWT adalah hal yang penting untuk mendapatkan haji yang mabrur.

BACA JUGA:   Cara Membaca Doa Haji Rumaysho dengan Tepat

Selain doa, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari sebelum berangkat ke Tanah Suci. Mulai dari kesehatan fisik, perencanaan keuangan, informasi akomodasi, hingga mempelajari tata cara pelaksanaan ibadah.

Jadi, jika Anda berencana untuk menunaikan ibadah haji, pastikan untuk mempersiapkan semuanya dengan baik dan benar. Baca doa-doa di atas dengan hati yang khusyuk dan niat yang ikhlas untuk mendapatkan haji yang mabrur. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan dan keberkahan dalam setiap langkah perjalanan Anda. Aamiin.