Skip to content
Home » Doa Jenguk Orang Pulang Haji

Doa Jenguk Orang Pulang Haji

Salah satu kebahagiaan bagi umat muslim adalah menunaikan ibadah haji. Setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji, biasanya para jemaah akan pulang ke tanah air. Seperti apapun perjalanan yang telah dilakukan, diharapkan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh-Nya. Oleh karena itu, ketika ada orang yang pulang haji, sebaiknya kita menjenguk mereka dan mendoakan keselamatannya. Berikut ini adalah doa jenguk orang pulang haji yang bisa Anda amalkan.

Doa Jenguk Orang Pulang Haji

"الصَّلاَةُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِفُلَانِ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَأَعِنَّهُ عَلَى الصَّوَابِ وَالْهَدَايَةِ، وَاجْعَلْ قَبْرَهُ رَوْضَةً مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ، وَلاَ تَجْعَلْهُ حُفْرَةً مِنْ حُفَرِ النَّارِ، وَالْهَمَّ أَهْلَهُ الصَّبْرَ وَالإِحْتِسَابَ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ"

Artinya: "Semoga keselamatan, rahmat, dan berkah Allah senantiasa tercurahkan untukmu. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa orang yang Anda kunjungi serta seluruh dosa umat Muslim. Jadikanlah kubur mereka sebagai taman syurga dan janganlah menjadikannya sebagai lubang api neraka. Berilah kekuatan pada keluarga mereka untuk tetap sabar saat menghadapi ujian-Mu, dan mudahkanlah langkah mereka menuju jalan yang benar."

Keutamaan Menjenguk Orang Pulang Haji

Setiap orang yang kembali dari tanah suci akan merasakan kebahagiaan tersendiri, karena sudah menunaikan ibadah haji yang mulia. Namun, ketika dijenguk oleh keluarga, sanak saudara, sahabat atau kerabat, mereka pasti merasa lebih bahagia dan dihargai. Tidak hanya itu, ada pahala besar yang akan didapatkan bagi orang yang mengunjungi orang yang baru pulang dari ibadah haji. Seperti yang tertera dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menjenguk saudaranya yang sedang sakit, maka dia akan berada dalam naungan Allah hingga dia pulang”. Hadis ini menunjukkan betapa pentingnya menjenguk orang yang sedang sakit, apalagi menjenguk orang yang baru pulang dari haji.

BACA JUGA:   Urutan Manasik Haji Beserta Doanya untuk Anak TK

Kesimpulan

Ibadah haji adalah salah satu ibadah yang sangat diidamkan oleh umat muslim. Sebagai umat muslim, kita harus senantiasa mendoakan keselamatan dan kesehatan bagi orang yang baru pulang dari ibadah haji. Selain itu, kita harus merasa penting membina silaturahmi dengan menjenguk mereka. Dengan demikian, kita akan mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT. Bagaimana? Apakah Anda sudah mengunjungi sanak saudara, teman, atau kerabat yang baru saja pulang dari ibadah haji? Jangan lupa untuk mendoakan mereka dengan doa di atas, semoga Allah SWT senantiasa memberikan keselamatan dan kebahagiaan bagi mereka.