Skip to content
Home » Doa Kembali dari Haji

Doa Kembali dari Haji

Setelah menunaikan ibadah haji, umat Muslim tentu akan dihadapkan pada momen yang sangat istimewa, yaitu doa kembali dari haji. Doa ini menjadi sangat penting dalam menandai selesainya ibadah haji dan juga sebagai harapan untuk memperoleh ridha dan berkah dari Allah SWT.

Pentingnya Doa Kembali dari Haji

Doa kembali dari haji merupakan bentuk ungkapan syukur atas keberhasilan menunaikan ibadah yang penuh makna tersebut. Selain itu, doa ini juga menjadi sarana untuk memohon ampunan atas segala kesalahan yang mungkin telah dilakukan selama di tanah suci.

Doa ini mengajarkan umat Muslim untuk menyadari kelemahan dan keterbatasan diri serta memohon pada Allah untuk diberikan kekuatan dan kebijaksanaan dalam menghadapi kehidupan di dunia yang penuh dengan godaan dan cobaan.

Beberapa Contoh Doa Kembali dari Haji

Berikut ini beberapa contoh doa kembali dari haji yang bisa dilafalkan oleh jamaah setelah selesai melaksanakan tawaf wada atau saat pulang ke tanah air:

  1. Doa dalam Bahasa Arab:

    اللّهُمّ إِنّا نَسْألُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَالمُعَافَاةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللّهُمّ اجْعَلْ حَجَّنَا مَبْرُورًا وَسَعْيَنَا مَشْكُورًا، وَذَنْبَنَا مَغْفُورًا وَعَيْبَنَا مَسْتُورًا، اللّهُمّ تَقَبَّلْ مِنَّا حَجَّنَا وَارْزُقْنَا تَوْفِيقَ الْعِبَادَةِ فِي عَامِنَا هَذَا، اللّهُمّ آمِينَ.

  2. Doa dalam Bahasa Indonesia:

    "Ya Allah, kami memohon maaf dan ampun atas segala dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan selama di tanah suci. Bimbinglah kami untuk selalu taat pada-Mu dan menjalankan semua ajaran dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Jadikanlah haji kami ini diterima dan mendapatkan pahala yang telah Engkau janjikan. Berikanlah kesehatan dan kelancaran pada perjalanan kami pulang ke tanah air. Semoga kami bisa mengulangi ibadah haji kembali di masa yang akan datang. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin."

BACA JUGA:   Doa Haji Mabrur Lengkap: Cara Melakukan Ibadah Haji yang Benar

Tips untuk Menguatkan Doa Kembali dari Haji

Agar doa kembali dari haji dapat lebih kuat dan mendapatkan ridha dari Allah SWT, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan ketika memohon pada-Nya:

  1. Berdoa dengan hati yang khusyuk dan penuh dengan kepasrahan diri.

  2. Memusatkan perhatian pada arti dan makna dari doa yang dilafalkan.

  3. Memperbanyak dzikir dan istighfar sejak di tanah suci sampai kembali ke tanah air.

  4. Berbuat baik kepada sesama setelah kembali dari tanah suci.

  5. Tetap menjaga amal ibadah setelah kembali ke dunia yang penuh dengan godaan.

Kesimpulan

Doa kembali dari haji merupakan momen penting yang harus dipersiapkan dengan benar dan dihayati dengan hati yang khusyuk. Sebagai ungkapan syukur atas keberhasilan menunaikan ibadah haji dan juga sebagai doa untuk memperoleh ridha dan berkah dari Allah SWT, doa ini harus diucapkan dengan tulus dan penuh harapan. Dengan mematuhi tips-tips tersebut, maka doa kembali dari haji dapat lebih kuat dan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.