Skip to content
Home » Doa Ketika Haji: Tuntunan dan Makna Doa Saat Melaksanakan Haji

Doa Ketika Haji: Tuntunan dan Makna Doa Saat Melaksanakan Haji

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu dan memiliki kesempatan. Haji sendiri merupakan perjalanan spiritual yang sangat penting bagi kehidupan seorang muslim. Oleh karena itu, setiap muslim yang hendak melaksanakan ibadah haji perlu mempersiapkan diri dan hati untuk menjalani perjalanan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Selain mempersiapkan fisik dan material, persiapan mental dan spiritual juga sangat penting. Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan saat menjalani ibadah haji adalah doa ketika haji. Doa ketika haji sudah seharusnya menjadi bagian dari aktivitas ritual haji, karena doa merupakan bentuk pengharapan seorang muslim kepada Yang Maha Kuasa.

Maka, dalam kesempatan ini kami akan membahas tuntunan doa ketika haji yang perlu diketahui oleh setiap muslim yang hendak melaksanakan ibadah haji.

Tuntunan Doa Ketika Haji

Berikut ini adalah tuntunan doa ketika haji yang harus dipahami oleh setiap muslim yang hendak melaksanakan ibadah haji.

1. Doa di Arafah

Arafah merupakan titik terpenting dalam ibadah haji. Di tempat ini, setiap muslim yang menjalani ibadah haji akan berdoa memohon ampunan dan berkah dari Allah SWT. Berikut ini adalah doa ketika di Arafah yang harus diucapkan:

"Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir. Laa ilaaha illallaah wahdahu anjaza wa’dahu wa nasara ‘abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu."

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya segala kekuasaan dan segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, yang menepati janji-Nya, menolong hamba-Nya dan mengalahkan pasukan musuh-Nya sendiri."

BACA JUGA:   Doa Manasik Haji untuk TK

2. Doa di Muzdalifah

Muzdalifah merupakan tempat istirahat sebelum wukuf di Arafah. Di tempat ini, setiap muslim hendaknya berdoa memohon keberkahan dan keberlimpahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah doa ketika di Muzdalifah yang harus diucapkan:

"Robbana aatina fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah, waqina ‘adzabannar."

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat nanti, serta selamatkanlah kami dari azab neraka."

3. Doa di Mina

Mina merupakan tempat singgah setelah wukuf di Arafah. Di tempat ini, setiap muslim hendaknya berdoa memohon perlindungan dari Allah SWT. Berikut ini adalah doa ketika di Mina yang harus diucapkan:

"Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir."

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah, satu-satunya yang tiada sekutu-Nya. Milik-Nya segala kekuasaan dan segala pujian. Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu."

Makna Doa Ketika Haji

Doa-doanya mengandung makna spiritual dan memohon kepada Allah SWT. Kegiatan dalam berserikat dengan sesama muslim dalam jalankan ibadah haji ini juga memiliki makna sosial yang sangat penting. Dalam doa ini, setiap muslim akan memohon ridha dan penolong dari Allah SWT yang datang dalam bentuk ampunan, keberkahan, dan perlindungan.

Kesimpulan

Mengucapkan doa ketika haji adalah wajib bagi setiap muslim yang hendak menjalani ibadah haji. Doa ketika haji memiliki makna spiritual yang sangat penting, karena ibadah haji sendiri adalah perjalanan spiritual dalam memperdalam hubungan sebagai hamba dengan Sang Pencipta. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mengamalkan doa ketika haji dengan ikhlas dan penuh keyakinan. Semoga ibadah haji kita diterima oleh Allah SWT.

BACA JUGA:   Mengapa Nabi Tidak Dipanggil Haji? Mengenal Hukum dan Dampak Buruk di Balik Gelar Haji