Skip to content
Home » Doa Mandi Puasa Qadha Ramadhan

Doa Mandi Puasa Qadha Ramadhan

Mandi adalah salah satu ritual kebersihan yang penting bagi umat muslim. Selain digunakan untuk membersihkan tubuh, mandi juga digunakan sebagai persiapan untuk melakukan ibadah. Mandi wajib harus dilakukan setelah menstruasi, nifas, mimpi basah, dan setelah berhubungan suami istri. Namun, dalam mandi puasa qadha ramadhan memiliki doa yang harus dipanjatkan agar puasa dapat diterima oleh Allah.

Persiapan Sebelum Mandi

Sebelum mandi puasa qadha ramadhan, sebaiknya kita melakukan beberapa persiapan. Berikut adalah persiapan yang harus dilakukan:

  1. Bersedekah
    Sebelum mandi, kita sebaiknya bersedekah agar doa kita lebih mudah diterima oleh Allah. Bisa dengan uang atau benda yang tidak lagi digunakan.

  2. Membaca Basmalah
    Sebelum mandi, kita sebaiknya membaca basmalah agar mandi kita dimulai dengan niat yang baik.

  3. Sikat Gigi
    Sebelum mandi, kita sebaiknya menyikat gigi agar mulut kita selalu bersih dan segar.

  4. Bersihkan Kamar Mandi
    Sebelum mandi, kita sebaiknya membersihkan kamar mandi agar lingkungan sekitar kita selalu bersih.

Doa Mandi Puasa Qadha Ramadhan

Setelah persiapan di atas selesai dilakukan, kita bisa memulai mandi puasa qadha ramadhan. Berikut adalah doa yang harus dipanjatkan setelah mandi:

"Allahumma inni as aluka min khairi ma sa-alaka minhu nabiyuka Muhammadun sallallahu ‘alaihi wasallam wa na’udzubika min syarri ma na’udzubihu minhu nabiyuka Muhammadun sallallahu ‘alaihi wasallam".

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kebaikan yang diminta oleh nabi Muhammad saw dan aku berlindung pada-Mu dari kejahatan yang dijaga oleh nabi Muhammad saw."

Doa ini harus dipanjatkan sebelum keluar dari kamar mandi.

Kesimpulan

Mandi puasa qadha ramadhan tentu sangat penting bagi umat muslim. Selain membersihkan tubuh, mandi ini juga memiliki doa yang harus dipanjatkan agar puasa dapat diterima oleh Allah. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum mandi dan memanjatkan doa setelah mandi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

BACA JUGA:   Niat Membayar Hutang Puasa Ramadhan Karena Haid