Skip to content
Home » Doa Mau Ibadah Haji: Meraih Keberkahan dalam Perjalanan Ibadah Haji

Doa Mau Ibadah Haji: Meraih Keberkahan dalam Perjalanan Ibadah Haji

Ibadah haji merupakan salah satu momen suci yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Mereka yang mampu menunaikan ibadah haji merasa beruntung karena bisa melaksanakan salah satu rukun Islam ini. Dan bagi yang belum mampu menunaikan haji, tidak perlu berkecil hati. Teruslah berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT.

Menjadi Seseorang yang Selalu Bersyukur

Sebelum melaksanakan ibadah haji, alangkah baiknya kita memperbanyak istighfar dan mohon ampun kepada Allah SWT. Kita harus selalu berusaha menjadi seseorang yang selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Dalam Alquran disebutkan bahwa, "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka (azab-Ku) sangat pedih" (QS, Ibrahim: 7).

Jadi, mari kita selalu berusaha untuk menjadi seseorang yang selalu bersyukur, agar mendapatkan keberkahan dalam melaksanakan ibadah haji.

Membaca Doa-doa Haji

Ketika hendak melaksanakan ibadah haji, kita sebaiknya mempersiapkan diri dengan mempelajari doa-doa haji. Kita bisa mempelajarinya dari kitab-kitab klasik atau dari buku-buku panduan haji. Membaca doa-doa haji akan memudahkan kita untuk melakukan setiap ritual ibadah haji dan mendapat keberkahan.

Contoh beberapa doa yang bisa dibaca dalam perjalanan ibadah haji:

  • Doa naik kendaraan menuju Mekah
    "Subhâna-alladhi sakhkhara lana hâda wa mâ kunna lahu muqrinîn, wa inna ilâ rabbina lamunqalibûn."
    Artinya, "Mahasuci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan hanya kepada-Nya lah kami akan kembali."

  • Doa tiba di Masjidil Haram
    "Allâhumma bihâqqi Hadzihis Shaybah Was Siddah, Yassir Lana Amrina Wamak noburon wakhsyar."
    Artinya, "Ya Allah, demi keberkahan tempat ini, mudahkanlah urusan kami, dan angkatlah beban-beban yang berat dari kami."

  • Doa di Padang Arafah
    "Lâ ilâha illallâh, wahdahu lâ syarîkalah, lahul mulku, wa lahul hamdu, wahuwa ‘alâ kulli syai’in qadîr."
    Artinya, "Tiada Tuhan selain Allah, Dia yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala puji. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

BACA JUGA:   Mengenal Doa Titipan Haji: Sebuah Panduan Lengkap

Semua doa-doa tersebut akan memudahkan kita untuk melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk dan hati yang tenang. Kita akan merasakan keberkahan dalam setiap ritual ibadah haji yang kita jalani.

Mengikuti Sunnah Nabi dalam Melaksanakan Ibadah Haji

Selain mempersiapkan diri dengan membaca doa-doa haji, kita juga sebaiknya mengikuti sunnah Nabi dalam melaksanakan ibadah haji. Kita bisa mempelajarinya dari kitab-kitab hadis atau dari buku-buku panduan haji yang terpercaya.

Salah satu sunnah dalam ibadah haji adalah melakukan thawaf dan sa’i dengan khusyuk dan hati yang tenang. Thawaf dilakukan dengan berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan memulai dari Hajar Aswad hingga kembali ke Hajar Aswad lagi. Sedangkan sa’i dilakukan dengan berjalan cepat sejauh dua belas putaran antara Shafa dan Marwah.

Nabi Muhammad SAW sangat menekankan pentingnya mengikuti sunnah dalam melaksanakan ibadah haji. Beliau juga mencontohkan bagaimana melaksanakan ibadah haji dengan hati yang khusyuk dan tawakal kepada Allah SWT.

Menjadi Hamba yang Selalu Bertaqwa

Selain menjalankan doa-doa haji dan mengikuti sunnah Nabi dalam melaksanakan ibadah haji, kita juga harus menjadi hamba yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Menjadi hamba yang bertaqwa berarti kita selalu mentaati perintah Allah dan menjauhi segala yang diharamkan.

Dalam Alquran disebutkan bahwa, "Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu" (QS, Al-Hujurat: 13). Jadi, mari kita selalu berusaha untuk menjadi hamba yang selalu bertaqwa dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Doa Akhir

Demikianlah beberapa doa dan tips untuk meraih keberkahan dalam perjalanan ibadah haji. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk dan hati yang tenang. Aamiin.

BACA JUGA:   Kaligrafi Doa Cepat Naik Haji: Mempermudah Hati yang Merindu Tanah Suci

Judul Artikel: Contoh Doa Mau Ibadah Haji dan Tips Meraih Keberkahan dalam Perjalanan Ibadah Haji