Skip to content
Home » Doa Menerima Tamu Sepulang Haji

Doa Menerima Tamu Sepulang Haji

Doa menerima tamu sepulang haji adalah salah satu doa yang bisa kita baca ketika ada tamu yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji di Tanah suci Makkah. Doa ini mengandung banyak makna dan keutamaan yang bisa kita ambil hikmahnya. Dalam tulisan ini, kita akan membahas secara rinci tentang doa ini dan keutamaannya, sehingga bisa menjadi penambah ilmu dan keimanan bagi kita semua.

Kelebihan Doa Menerima Tamu Sepulang Haji

Doa menerima tamu sepulang haji merupakan doa yang sangat mustajab. Hal ini dikarenakan tamu yang pulang dari ibadah haji adalah orang yang diyakini sudah sangat dekat dengan Allah SWT. Selain itu, tamu yang pulang dari haji juga merupakan insan yang telah berjuang dengan cara yang sangat berat untuk menunaikan ibadah tersebut. Dalam hal ini, Allah SWT juga memberikan kelebihan yang besar bagi hamba-hamba-Nya yang berjuang untuk menunaikan ibadah haji.

Cara Membaca Doa Menerima Tamu Sepulang Haji

Doa menerima tamu sepulang haji bisa kita baca ketika ada tamu yang baru pulang dari haji dan mereka datang berkunjung ke rumah kita. Berikut adalah cara membaca doa tersebut:

أَفْضَلَ الصَّلاَةُ عَلَيْكَ وَأَزْكَى السَّلاَمُ يَا حَاجَّتَنَا بَعْدَ الحَاجَّةِ، اللَّهُمَّ اِجْعَلْ مَا قَدَّمْتَهُ فِي حَسَنَاتِكَ، وَمَا أَخَّرْتَهُ فِي مَغْفِرَتِكَ، وَمَا نَسِيتَهُ فِي عِنْدِكَ، وَمَا أَعْلَمْنَا مِنْهُ فِي دُنْيَا اللهُمّ اَعِنّا عَلى مَحَبَّةِ الصَّالِحِيْـنَ وَمَعَارِفِ دِينِكَ، وَتَقَبَّلْ مِنَّا وَمِنْكَ، اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Arti Doa Menerima Tamu Sepulang Haji

Arti dari doa menerima tamu sepulang haji adalah sebagai berikut:

"Semoga shalawat dan salam yang terbaik selalu tercurahkan untukmu. Wahai tamu kami setelah tamu haji, Ya Allah, jadikanlah apa yang telah engkau lakukan di dalam kebaikanmu. Apa yang telah engkau tertinggal di dalam maafmu. Apa yang engkau lupakan di dalam ingatan-Nya. Dan apa yang kami tidak mengetahuinya di dalam dunia. Wahai Allah, berikanlah kami bantuan untuk mencintai orang-orang saleh dan memahami agama-Mu. Terimalah dari kami dan berikanlah kepada kami. Engkau adalah Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui."

Khasiat dan Manfaat Membaca Doa Menerima Tamu Sepulang Haji

Membaca doa menerima tamu sepulang haji memiliki banyak khasiat dan manfaat, berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Membuat tamu merasa disambut dengan baik dan tidak merasa canggung ketika berkunjung.
  2. Memberikan keberkahan dan keberlimpahan pada diri tamu dan keluarganya.
  3. Menambah keberkahan dan keberlimpahan pada rumah kita sendiri.
  4. Memberikan doa untuk keselamatan dan kesehatan bagi tamu yang baru pulang dari haji.
BACA JUGA:   Doa Spy Naik Haji: Mengenal Keutamaan dan Manfaatnya

Kesimpulan

Doa menerima tamu sepulang haji merupakan doa yang sangat mustajab dan memiliki banyak keutamaan. Manfaat dan khasiat dari membaca doa ini pun sangat besar, baik bagi tamu dan keluarganya, maupun bagi kita sendiri. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa membaca doa ini ketika ada tamu yang baru pulang dari haji dan datang berkunjung ke rumah kita. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan berkah dan keselamatan bagi kita semua.