Skip to content
Home » Doa Mengantar Berangkat Haji: Memohon Keselamatan dan Bimbingan Allah SWT

Doa Mengantar Berangkat Haji: Memohon Keselamatan dan Bimbingan Allah SWT

Doa Mengantar Berangkat Haji: Memohon Keselamatan dan Bimbingan Allah SWT

Selamat datang di artikel saya yang membahas tentang doa mengantar berangkat haji. Sebagai seorang muslim, haji merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan bagi yang mampu untuk melaksanakannya. Melakukan haji adalah sebuah ibadah yang sangat mulia dan berharga, oleh karena itu kita harus memperhatikan segala persiapan yang diperlukan dan memohon agar Allah selalu memberikan bimbingan dan keselamatan selama perjalanan haji.

Mengenal Doa Mengantar Berangkat Haji

Doa mengantar berangkat haji merupakan doa yang dilafalkan oleh jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. Doa ini dilakukan sebagai ungkapan syukur dan memohon perlindungan serta bimbingan Allah SWT selama perjalanan haji. Adapun doa mengantar berangkat haji biasanya dilakukan pada saat berada di bandara atau saat akan berangkat ke Mekah.

Keutamaan Doa Mengantar Berangkat Haji

Doa mengantar berangkat haji memiliki keutamaan yang sangat besar karena sebagai orang yang hendak melakukan perjalanan ke tanah suci, kita hanya bisa mengandalkan bantuan dan pertolongan dari Allah SWT. Dengan berdoa dan memohon kepada Allah untuk diberikan perlindungan dan bimbingan selama perjalanan haji, maka kita akan merasa lebih tenang dan yakin bahwa kita telah menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada Allah.

Waktu Pelaksanaan Doa Mengantar Berangkat Haji

Doa mengantar berangkat haji dilakukan pada saat jamaah haji akan berangkat ke Mekah. Biasanya doa ini dilakukan pada saat kita berada di dalam pesawat atau pada saat persiapan keberangkatan dari hotel atau penginapan.

BACA JUGA:   Konsep Doa Pembukaan Manasik Haji

Lafadz Doa Mengantar Berangkat Haji

Berikut ini adalah lafadz doa mengantar berangkat haji:

اَللَّهُمَّ اَحْسِنْ حَجِّيْ وَ تَمِّمْ لِيْ بِالْعُمْرَةِ وَ الْحَجِّ

(Allohumma ahsin hajjii wa tammiimlii bil ‘umrah wal hajj)

Artinya: "Ya Allah sempurnakanlah hajiku dan sempurnakanlah pula ‘umrah dan hajiku."

Tafsir Doa Mengantar Berangkat Haji

Menerjemahkan doa mengantar berangkat haji adalah sebagai bentuk memohon kepada Allah agar hajinya dapat dilaksanakan dengan sempurna, serta memohon agar umrohnya dan hajinya dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Doa ini juga menjadi bentuk ungkapan rasa syukur atas kesempatan melakukan ibadah haji yang diberikan oleh Allah.

Kesimpulan

Kesempatan melakukan ibadah haji adalah sebuah anugerah yang sangat besar, oleh karena itu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk persiapan doa mengantar berangkat haji. Ketika melakukan doa ini, kita hendaknya memohon bimbingan dan perlindungan Allah SWT dan yakin bahwa segala sesuatunya telah kita serahkan sepenuhnya kepada Allah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.