Skip to content
Home » Do’a Nabi Menerima Zakat

Do’a Nabi Menerima Zakat

Zakat merupakan kewajiban bagi setiap orang Muslim yang mampu. Seperti yang diketahui, zakat memiliki manfaat besar, baik bagi pemberi maupun penerima zakat. Namun, zakat tidak hanya sekadar memberikan bantuan kepada yang membutuhkan saja. Ada juga do’a yang harus dilakukan saat menerima zakat. Do’a ini merupakan suatu bentuk penghargaan atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Salah satu do’a tersebut adalah do’a yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut adalah do’a yang diajarkan Nabi Muhammad SAW ketika menerima zakat:

"Allahumma at’im man at’amani wasqi man saqani"

Do’a ini memiliki arti "Ya Allah, berilah makanan kepada orang yang memberi makan kepada saya dan minuman kepada orang yang memberi minuman kepada saya." Do’a ini menunjukkan rasa syukur dan penghargaan atas apa yang telah diberikan kepada kita. Sebagai manusia yang menginginkan kesejahteraan, kita harus mampu memberikan rezeki kepada yang membutuhkan dan juga bersyukur terhadap rezeki yang kita terima.

Manfaat Do’a Saat Menerima Zakat

Do’a ini memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan, baik oleh pihak yang memberi maupun yang menerima zakat. Berikut adalah beberapa manfaat do’a saat menerima zakat:

1. Menumbuhkan Rasa Syukur

Dengan mengucapkan do’a saat menerima zakat, kita akan merasakan keberkahan dari apa yang telah diberikan kepada kita. Hal ini akan menumbuhkan rasa syukur dalam hati kita. Ketika kita bersyukur, maka kita akan merasa lebih tenang dan bahagia.

2. Memupuk Rasa Kemanusiaan

Dalam Islam, saling membantu dan tolong-menolong merupakan tindakan yang sangat dianjurkan. Dengan menerima zakat, kita dapat memupuk rasa kemanusiaan dan kasih sayang terhadap sesama.

BACA JUGA:   Daftar Lengkap Barang yang Tidak Termasuk Mustahiq Zakat

3. Menguatkan Ikatan Ukhuwah

Ikatan ukhuwah merupakan salah satu nilai Islam yang sangat ditekankan. Dengan menerima zakat, kita dapat memperkuat hubungan sosial antara kita dengan yang membutuhkan.

4. Meningkatkan Kualitas Iman

Dalam Islam, zakat memiliki nilai ibadah yang sangat tinggi. Dengan menerima zakat dan mengucapkan do’a, kita dapat meningkatkan kualitas iman kita serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Dalam Islam, zakat merupakan kewajiban bagi setiap orang Muslim yang mampu. Selain memberikan manfaat bagi pihak yang membutuhkan, zakat juga memiliki manfaat bagi pemberi dan menerima zakat. Do’a saat menerima zakat merupakan bentuk penghargaan dan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Dengan mengucapkan do’a, kita dapat memperkuat hubungan sosial, memupuk rasa kemanusiaan, dan meningkatkan kualitas iman kita. Mari kita jalankan kewajiban kita sebagai Muslim dengan sebaik-baiknya dan ikuti contoh Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan agama Islam.