Skip to content
Home » Doa Niat Pergi Haji

Doa Niat Pergi Haji

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Pada saat akan melakukan ibadah haji, umat Muslim diwajibkan untuk membaca doa niat pergi haji.

Apa itu Doa Niat Pergi Haji?

Doa niat pergi haji merupakan doa yang dibaca oleh setiap orang yang akan melaksanakan perjalanan haji sebagai tanda niat untuk melakukan rukun Islam yang kelima. Niat haji dilakukan sebagai bukti kesungguhan hati untuk melakukan perjalanan suci ke tanah suci Makkah. Dalam Islam, niat sangat penting sebagai bagian dari menghormati tuntunan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Berikut adalah doa niat pergi haji yang harus dibaca oleh setiap orang yang hendak berangkat haji:

لبَّيْكَ اللّهُمَّ بِحَجٍّ

Labbaika Allahumma bihajjin

Artinya: "Aku memenuhi panggilan-Mu, ya Allah, dengan melakukan haji"

Pentingnya Doa Niat Pergi Haji

Doa niat pergi haji sangat penting dalam Islam karena dengan membaca doa tersebut, seorang Muslim menegaskan niatnya melakukan ibadah haji untuk menunaikan rukun Islam yang kelima. Selain itu, membaca doa niat haji juga bisa membantu seseorang lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah haji.

Dalam Islam, niat sangat penting karena niat yang baik akan menghasilkan amalan yang baik pula. Oleh karena itu, membaca doa niat pergi haji dengan ikhlas dan sungguh-sungguh akan memberikan manfaat yang besar bagi ibadah haji yang dilakukan.

BACA JUGA:   Cara dan Doa Mengantarkan Jamaah Haji

Tuntunan Sebelum Membaca Doa Niat Pergi Haji

Sebelum membaca doa niat pergi haji, ada beberapa tuntunan yang harus diperhatikan agar niat haji tertanam dalam hati dengan kuat dan benar-benar ikhlas. Berikut adalah tuntunan yang harus dilakukan sebelum membaca doa niat haji:

  1. Membersihkan diri dan memperbaiki akhlak
  2. Melakukan shalat sunnat tahajud
  3. Berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT
  4. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW
  5. Menyerahkan diri sepenuhnya untuk di bimbing oleh Allah SWT dan bertawakkal pada-Nya.

Membersihkan Diri dan Memperbaiki Akhlak

Sebelum memulai perjalanan haji, seorang Muslim harus membersihkan diri secara lahiriah maupun batiniah. Artinya, orang tersebut harus mandi dan juga harus memperbaiki akhlaknya. Hal ini dilakukan karena ketika melakukan ibadah haji, kita harus benar-benar bersih dari segala dosa dan kesalahan.

Melakukan Shalat Sunnat Tahajud

Shalat sunnat tahajud adalah salah satu tuntunan yang harus dilakukan sebelum membaca doa niat haji. Hal ini dilakukan untuk memperkuat niat dan meminta pertolongan dari Allah SWT. Selain itu, shalat tahajud juga merupakan shalat yang paling afdhal dan menunjukkan kelembutan hati serta kemuliaan jiwa.

Berdoa dan Memohon Ampun Kepada Allah SWT

Sebelum membaca doa niat haji, seorang muslim harus memohon ampun kepada Allah SWT, agar niatnya untuk berangkat haji tercapai. Berdoa juga untuk meminta agar seluruh perjalanan dan ibadah haji berjalan lancar dan tertanam dalam hati yang ikhlas.

Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Tuntunan yang keempat yang harus dilakukan sebelum membaca doa niat haji adalah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur kita kepada sosok yang telah membawa risalah agama Islam.

BACA JUGA:   Doa Menyambut Kedatangan Jamaah Haji

Menyerahkan Diri pada Allah SWT dan Bertawakkal

Seorang muslim harus menyerahkan dirinya sepenuhnya pada Allah SWT dan bertawakal pada-Nya, karena pada akhirnya semua keputusan dan perjalanan haji akan dituntun oleh-Nya. Oleh karena itu, perjalanan haji harus dilakukan dengan hati yang ikhlas dan sepenuh hati serta selalu memohon perlindungan dan bimbingan dari-Nya.

Kesimpulan

Doa niat pergi haji adalah doa yang sangat penting untuk dibaca oleh setiap orang yang akan melaksanakan perjalanan haji. Hal ini dilakukan sebagai tanda niat yang ikhlas untuk menunaikan rukun Islam yang kelima. Selain itu, membaca doa niat haji juga membantu seseorang lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah haji. Sebelum membaca doa niat haji, ada beberapa tuntunan yang harus diperhatikan agar niat haji tertanam dalam hati dengan kuat dan benar-benar ikhlas. Oleh karena itu, seorang muslim harus senantiasa mempersiapkan diri dengan baik dan memohon perlindungan dan bimbingan dari Allah SWT selama perjalanan haji.