Skip to content
Home » Doa Orang Pulang Haji Mustajab: Cara Ampuh Mendapatkan Restu dan Berkah Allah SWT

Doa Orang Pulang Haji Mustajab: Cara Ampuh Mendapatkan Restu dan Berkah Allah SWT

Siapa yang tidak mengenal haji? Ibadah ini merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan sekali dalam seumur hidup oleh setiap muslim yang mampu dan cukup usia. Selain kegiatan ibadah yang mendapatkan banyak keutamaan, melakukan haji juga menjadi impian banyak umat muslim di seluruh dunia.

Menjalankan ibadah haji bukanlah perkara mudah. Dari segi biaya, waktu, dan tenaga, haji memang memerlukan persiapan matang dan cukup lama. Namun, berkat usaha dan doa yang tulus, akhirnya umat muslim dapat menyelesaikan ibadah haji dengan lancar dan merasa lega.

Tapi setelah menyelesaikan ibadah haji, apa yang harus dilakukan? Ada banyak doa yang bisa dibaca setelah haji, salah satunya adalah doa orang pulang haji mustajab. Doa ini sangat penting karena bisa memperpanjang efek positif dari haji yang sudah dilakukan. Bagaimana cara mengamalkannya? Berikut penjelasannya.

Doa Orang Pulang Haji Mustajab: Bacaan dan Artinya

Doa orang pulang haji mustajab adalah salah satu doa yang sangat dianjurkan setelah menyelesaikan ibadah haji. Bagaimana bacaannya? Berikut bunyi dan artinya:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ حَجَّيْ مَبْرُورًا وَسَعْيِ مَشْكُورًا وَذَنْبِي مَغْفُورًا وَعَمَلِي مَقْبُولًا وَتِجَارَتِيَ مُرْبُوحَةً وَسَعَةً فِي الرِّزْقِ وَاحِلُّ بَيْتِي فِي حِالٍ يُشَاهِدُنِي مِنْ حَاضِرٍ وَمَنْ غَائِبٍ ﴿﴾ اللَّهُمَّ يَا مُنَعِّمْ بِالْفَضْلِ وَالرَّحْمَةِ اجْعَلْ مَجْمُوعَ حَجِّيَّ وَعُمْرَتِي مَغْفُورًا وَتَقَبَّلْهُ مِنِّي إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ أَللَّهُمَّ اجْعَلْ كُلَّ مَابَذَرْنَا خَيْرًا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya,

"Ya Allah, jadikanlah haji saya mabrur, sa’i saya diterima, dosa saya diampuni, amal saya diterima, usaha dagang saya diberi keberkahan dan diberikan kelapangan dalam rizki, serta jangan lupa memberikan keberkahan bagi rumah saya di dalam keadaan yang dilihat oleh orang yang hadir maupun tidak hadir. Ya Allah, yang senantiasa memberikan nikmat dan rahmat, terimalah ibadah haji dan umroh saya dan berikan ampunan. Semoga Engkau mengabulkan permohonan saya karena Engkaulah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah apa yang kami tanam kelak menjadi kebaikan dan terimalah doa kami karena Engkaulah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui."

Kapan Doa Orang Pulang Haji Mustajab Dibaca?

Doa orang pulang haji mustajab bisa dibaca kapan saja, baik itu ketika masih berada di tanah suci atau setelah pulang ke tanah air. Sebaiknya, doa ini dibaca secara rutin selepas menjalankan ibadah haji.

BACA JUGA:   Membuat Doa Selamat Menunaikan Haji yang Berkualitas

Pilihan waktu terbaik untuk membacanya yaitu pada waktu-waktu mustajab seperti di malam Jumat atau di penghujung malam. Berdoa pada waktu tersebut memiliki nilai tambah karena itu adalah waktu yang dirahmati Allah SWT.

Manfaat dari Doa Orang Pulang Haji Mustajab

Manfaat yang dapat diperoleh dari mengamalkan doa orang pulang haji mustajab tak hanya bagi penyelesaian ibadah haji saja. Beberapa manfaat lainnya adalah:

  1. Ditunaikan segala hajat dan kebutuhan: Salah satu manfaat dari membaca doa ini adalah kewajiban dan keinginan yang dimiliki akan dicukupkan oleh Allah SWT.

  2. Dibuka pintu rejeki: Banyak yang percaya bahwa berdoa dengan doa orang pulang haji yang mustajab ini akan membuka pintu rejeki yang lancar dan memberikan kelapangan dalam hidup.

  3. Dimudahkan dalam mencari jodoh: bagi para jomblo, mengamalkan doa orang pulang haji mustajab juga bisa memudahkan dalam mencari pasangan hidup (jodoh). Hal ini disebabkan karena doa ini dianggap memiliki kekuatan dalam mempertemukan dua insan yang berjodoh.

Tips untuk Mendapatkan Keberkahan dan Rahmat Allah Setelah Pulang Haji

Selain membaca doa orang pulang haji mustajab, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan agar setelah pulang haji mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Beberapa tips tersebut yaitu:

  1. Melakukan amal ibadah sunnah: Selain ibadah fardhu seperti sholat, mengamalkan ibadah sunnah seperti berdzikir atau membaca kitab kuning bisa membantu memperoleh keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

  2. Bersedekah: Bersedekah baik dari segi waktu, tenaga atau harta, juga merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan setelah pulang dari haji.

  3. Berbuat baik kepada sesama: Terus-menerus berbuat baik akan membuat kita disayang oleh Allah SWT dan dijauhkan dari sifat angkuh dan sombong.

BACA JUGA:   Contoh Doa Berangkat Haji - Meningkatkan Keimanan Umat Muslim

Kesimpulan

Doa orang pulang haji mustajab adalah salah satu doa yang sangat dianjurkan setelah menyelesaikan ibadah haji. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mengamalkan doa ini seperti bisa membuka pintu rejeki, memudahkan mencari jodoh dan lain sebagainya. Selain membaca doa, terdapat beberapa tips yang juga dianjurkan agar mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda yang baru saja menyelesaikan ibadah haji. Selamat kembali ke tanah air dengan penuh keberkahan dan rahmat Allah SWT.