Skip to content
Home » Doa Orang yang Berpuasa Ramadhan

Doa Orang yang Berpuasa Ramadhan

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang sangat diutamakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari, ada juga banyak amalan yang bisa dilakukan selama bulan suci Ramadan. Salah satu amalan yang paling penting adalah doa selama berpuasa.

Bagi umat muslim, doa adalah salah satu cara untuk berhubungan dengan Allah SWT. Dalam Islam, doa berarti memohon, meminta, dan berharap kepada Allah SWT. Selama berpuasa, doa menjadi bagian yang sangat penting untuk menyucikan hati, memperbaiki diri, dan meningkatkan kesadaran dan kualitas hidup kita sebagai umat muslim.

Maka dari itu, berikut adalah beberapa doa orang yang berpuasa Ramadhan yang bisa kita amalkan selama bulan suci Ramadan:

Doa Buka Puasa

“Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ‘ala rizq-ika aftartu.”

Artinya: “Ya Allah, demi-Mu aku berpuasa, dan dengan iman kepada-Mu aku beriman, dan dengan harapan keridhaan-Mu aku bertawakal, dan dengan anugerah rezeki-Mu aku berbuka puasa.”

Doa Ketika Imsak

“Allahumma inna nasta’iinuka wa nastaghfiruka wa numinu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nuthni ‘alaikal khair watasyur al-munafiqina wa umurul jahiliyyina min umurina.”

Artinya: “Ya Allah, kami memohon pertolongan-Mu, kami memohon ampunan-Mu, kami beriman kepada-Mu, kami bertawakal kepada-Mu, dan kami minta pada-Mu segala kebaikan. Berilah kami kekuatan untuk menghadapi orang-orang munafik dan orang-orang jahil.”

Doa Setelah Berbuka Puasa

“Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ‘alaa rizqika aftartu.”

Artinya: “Ya Allah, puasa ini saya lakukan karena-Mu, dan saya percaya kepada-Mu, dan dengan rezeki-Mu saya berbuka puasa.”

BACA JUGA:   Apa Hukum Puasa Ramadhan bagi Ibu Hamil?

Doa Tarawih

“Allahummahdini fiiman hadayta wa ‘afini fiiman ‘afayta wa tawallani fiiman tawallayta wa barik li fiina ma a’tayta, waqini syarra ma qadayta, fa innaka taqdi wala yuqda ‘alaik, wa innahu la yadhillu man walayta wala ya’izzu man ‘adayta, tabarakta rabuna wa ta’alaita, nasta’iinuka wa nuthni ‘alaikal khair.”

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah aku kepada jalan yang Engkau ridhai, lindungilah dari segala sesuatu yang tidak Engkau sukai, dan berkahilah segala karunia-Mu yang Engkau berikan pada kami. Berikanlah kepada kami kebaikan dunia dan akhirat, dan jauhkanlah kami dari segala kesulitan dan bahaya. Engkau adalah Tuhan kami, dan Engkau mengetahui segala sesuatu. Berikan perlindungan dan keselamatan kepada kami dari segala kemungkinan buruk.”

Doa Khusus Malam Lailatul Qadr

"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni."

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang Maha Pengampun dan Engkau senang mengampuni. Maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu.”

Dalam melakukan berbagai amalan di atas, niat yang tulus dan hati yang bersih sangatlah penting. Selain itu, usahakan untuk melakukan amalan tersebut dengan benar dan konsisten selama bulan Ramadhan.

Demikianlah beberapa doa yang bisa kita amalkan saat berpuasa di bulan Ramadhan. Semoga amalan kita diterima Allah SWT dan mendapatkan pahala yang besar. Amin.