Skip to content
Home » Doa Pembukaan Manasik Haji Kecamatan

Doa Pembukaan Manasik Haji Kecamatan

Manasik haji adalah persiapan yang penting bagi para calon jamaah haji. Saat melakukan manasik haji, para calon jamaah akan diberikan panduan dalam merencanakan perjalanan menuju Tanah Suci. Manasik haji juga dilakukan sebagai persiapan mental agar saat berada di Tanah Suci, para calon jamaah dapat fokus dalam melaksanakan ibadah.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai doa pembukaan manasik haji kecamatan. Doa ini sangat penting untuk dibaca saat melakukan manasik haji.

Pengertian Doa Pembukaan Manasik Haji Kecamatan

Doa pembukaan manasik haji kecamatan merupakan bacaan doa yang dibaca sebelum memulai manasik haji. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan Allah SWT dalam perjalanan menuju Tanah Suci.

Bacaan Doa Pembukaan Manasik Haji Kecamatan

Berikut ini adalah bacaan doa pembukaan manasik haji kecamatan:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ، وَارْضَى اللّٰهُمَّ عَنْ صَحَابَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَنْ تَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ اَجْمَعِيْنَ وَعَنِّيْ وَعَنْ جَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، اللّٰهُمَّ يَسِّرْ لِنَا عُمْرَةَ اْلحَجِّ وَاجْعَلْهَا مَقْبُولَةً عِنْدَكَ، وَقَبِّلْهَا مِنَّا وَتَقَبَّلْ دُعَاءَنَا، وَارْزُقْنَا فِيْهَا الْعَفْوَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالثَّوَابَ الْجَزِيْلَ وَالسُّعَادَةَ الْأَبَدِيَّةَ، إِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ وَالْمِنَّانُ، وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ.

Arti Doa Pembukaan Manasik Haji Kecamatan

Berikut ini arti dari doa pembukaan manasik haji kecamatan:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, serta kepada keluarganya dan sahabatnya. Ya Allah, redhaalah kepada para sahabat Nabi Muhammad saw dan kepada para tabi’in dengan rahmat yang sempurna. Selama-lamanya kepada saya, dan seluruh kaum Muslimin dan Muslimat. Ya Allah, mudahkanlah untuk kami dalam mendaki rukun Islam yang kecil ini (umrah) dan jadikanlah ia diterima di sisi-Mu. Terimalah daripada kami dan terimalah doa-doa kami. Dan lipatgandakanlah bagi kami ampunan, pengampunan dosa, pahala yang besar serta kebahagiaan yang kekal. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa dan Pemberi Anugerah.
Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, serta kepada keluarganya dan sahabatnya.

Keutamaan Membaca Doa Pembukaan Manasik Haji Kecamatan

Ada beberapa keutamaan yang dapat didapatkan dengan membaca doa pembukaan manasik haji kecamatan, di antaranya:

  1. Selalu dijaga dan dilindungi oleh Allah SWT dalam perjalanan menuju ke Tanah Suci.
  2. Perjalanan ke Tanah Suci menjadi lancar dan mudah dilaksanakan.
  3. Dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan sehat setelah menunaikan ibadah haji.
BACA JUGA:   Bacaan Doa untuk Orang yang Wafat di Haji

Kesimpulan

Doa pembukaan manasik haji kecamatan merupakan bacaan doa yang penting dalam persiapan manasik haji. Dengan membaca doa ini, para calon jamaah haji akan merasakan perlindungan Allah SWT dalam perjalanan menuju Tanah Suci. Maka dari itu, hendaknya doa ini dibaca dengan penuh penghayatan dan kesungguhan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu para calon jamaah haji dalam melaksanakan manasik haji dengan baik.