Skip to content
Home » Doa Pengganti Puasa Bulan Ramadhan: Cara Mengganti Kewajiban Puasa

Doa Pengganti Puasa Bulan Ramadhan: Cara Mengganti Kewajiban Puasa

Puasa selama bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Muslim. Namun, ada kalanya kita tidak bisa menjalankan puasa dikarenakan alasan tertentu, seperti sakit atau sedang dalam masa menyusui. Nah, ketika hal seperti ini terjadi, ada doa pengganti puasa bulan Ramadhan yang bisa dilakukan. Apa saja doa pengganti puasa tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Doa Pengganti Puasa Bulan Ramadhan Ketika Sakit

Bagi seseorang yang sakit, sudah seharusnya untuk tidak menjalankan puasa Ramadhan. Hal ini karena kelanjutan penyakit dapat membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, ada doa pengganti puasa Ramadhan ketika sakit yang dapat diamalkan. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan memohon kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau miliki dengan nama Engkau sendiri, Yang Maha Hormat Lagi Maha Mulia, bahwa hendaklah Engkau menjadi ganti puasaku dan ganti segala amal baikku yang telah aku lakukan selama Ramadhan yang telah lalu, yang Engkau terima atas rahmat dan kerahmatan-Mu. Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaanku, tidaklah yang sakit berseruling dalam pandang-Mu. Oleh karena itu, janganlah Engkau carikan untukku cobaan yang tidak terdaya. Terimalah taubatku, peliharalah kesehatanku, mohonkanlah aku dengan kasih sayang-Mu, berilah aku sukacita yang menyejukkan hatiku."

Doa tersebut dapat diamalkan ketika sedang sakit atau ketika sedang menjalani pengobatan medis.

Doa Pengganti Puasa Bulan Ramadhan Ketika Menyusui

Selain sakit, ibu yang sedang menyusui juga tidak disarankan untuk menjalankan puasa Ramadhan. Pasalnya, menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang agar ASI yang dihasilkan juga sehat. Oleh karena itu, doa pengganti puasa Ramadhan ketika menyusui dapat dilakukan untuk menggantikan kewajiban puasa tersebut. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:   Puasa Qadha Ramadhan Adalah: Pengertian, Keutamaan, dan Cara Pelaksanaannya

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan memohon kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau miliki dengan nama Engkau sendiri, Yang Maha Hormat Lagi Maha Mulia, bahwa Hendaklah Engkau menjadi ganti puasaku dan ganti segala amal baikku yang telah aku lakukan selama Ramadhan yang telah lalu, yang Engkau terima atas rahmat dan kerahmatan-Mu. Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaanku, tidaklah yang sedang menyusui berseruling dalam pandang-Mu. Maka, Engkau juga mengetahui bahwa aku memerlukan makanan dan minuman untuk menyusui anakku. Oleh karena itu, gantikanlah kewajibanku untuk puasa dengan amal shalih lainnya yang dapat Engkau terima."

Doa tersebut dapat diamalkan ketika ibu sedang menyusui atau ketika sedang membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang.

Kesimpulan

Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Muslim. Namun, ketika kita sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk berpuasa, doa pengganti puasa bulan Ramadhan dapat dilakukan. Ada doa pengganti puasa ketika sakit dan ketika menyusui yang dapat diamalkan. Semoga dengan diamalkan doa tersebut, Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan keberkahan dalam segala hal yang kita lakukan.