Skip to content
Home » Doa Puasa Bulan Haji: Berbagai Amalan yang Harus Dilakukan

Doa Puasa Bulan Haji: Berbagai Amalan yang Harus Dilakukan

Puasa bulan haji merupakan salah satu ibadah yang sangat dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan yang penuh berkat ini menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Namun, untuk memperoleh keberkatan dan keutamaan dari puasa bulan haji, ada beberapa amalan yang harus dilakukan.

Mengenal Lebih Dekat Puasa Bulan Haji

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai doa puasa bulan haji, kita perlu memahami apa itu puasa bulan haji dan apa keutamaannya. Puasa bulan haji merupakan salah satu amalan sunnah yang dilakukan selama 9 hari, dimulai dari tanggal 1 Dzulhijjah hingga tanggal 9 Dzulhijjah.

Puasa ini merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dan dipercaya memiliki keutamaan yang besar di sisi Allah Swt. Selain itu, puasa bulan haji juga menjadi salah satu amalan yang dapat mendekatkan diri kepada-Nya dan memberikan keberkahan dalam hidup kita.

Doa Puasa Bulan Haji yang Harus Diketahui

Dalam melaksanakan puasa bulan haji, ada beberapa doa yang harus diketahui dan dibaca setiap harinya. Berikut ini beberapa doa puasa bulan haji yang harus dilakukan:

  1. Doa pada hari ke-1 Dzulhijjah: Allahumma qad a’adharta bilhajj… (Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau telah memerintahkan kami untuk melakukan ibadah haji…)

  2. Doa pada hari ke-2 Dzulhijjah: Subhanallahil-ladzi sakhkhara lana hadza wama kunna lahu muqrinin wa inna ila rabbina lamunqalibuun… (Artinya: Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan akan kembali kepada-Nya…)

  3. Doa pada hari ke-3 Dzulhijjah: Allahumma inni as-aluka an tusalliya ‘ala muhammadin wa aali muhammadin… (Artinya: Ya Allah, aku memohon agar Engkau memberkahi Nabi Muhammad dan keluarganya…)

  4. Doa pada hari ke-4 Dzulhijjah: Subhanallahil-ladzi yusabbihu war-ridhu bihamdihi… (Artinya: Maha Suci Allah yang senantiasa dipuji dan dimuliakan…)

  5. Doa pada hari ke-5 Dzulhijjah: Allahumma laa takhzi’iina bi maa fatta-naa wa balligh-naa maa wa’adtanaa wa laa tu’thinaa bi maa kul-laa tuhibbu wa tardhaa… (Artinya: Ya Allah, janganlah Kau hinakan kami dengan kehilangan apa yang telah Engkau berikan kepada kami, sampai kami mencapai tujuan yang Engkau tetapkan untuk kami. Dan janganlah Kau kecewakan kami dengan memberikan apa yang tidak Engkau sukai dan tidak Engkau ridhai…)

  6. Doa pada hari ke-6 Dzulhijjah: Allahumma taqabbal minni saumaa hadza wash-shalaa wa tawaffanaa muslimiina… (Artinya: Ya Allah, terimalah puasa dan shalatku pada hari ini, dan wafatkanlah kami dalam keadaan muslim…)

  7. Doa pada hari ke-7 Dzulhijjah: Subhanallahi walhamdulillahi wa laailaaha illallahu wallahu akbar… (Artinya: Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya, tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar…)

  8. Doa pada hari ke-8 Dzulhijjah: Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallahu wallahu akbar, Allahu akbar wa lillahil-hamd… (Artinya: Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar dan segala puji bagi-Nya…)

  9. Doa pada hari ke-9 Dzulhijjah: Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallahu wallahu akbar, Allahu akbar wa lillaahil-hamd… (Artinya: Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar dan segala puji bagi-Nya…)

BACA JUGA:   Doa dan Tata Cara Haji dan Umroh

Amalan Tambahan Selama Puasa Bulan Haji

Selain doa puasa bulan haji, terdapat beberapa amalan tambahan yang dapat dilakukan untuk memperoleh keutamaan yang lebih besar selama berpuasa. Berikut ini beberapa amalan yang dapat dilakukan selama puasa bulan haji:

  1. Membaca al-Qur’an: Selama berpuasa bulan haji, disarankan untuk membaca al-Qur’an setiap hari. Hal ini dapat membantu meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada-Nya.

  2. Shalat berjamaah: Selain puasa, shalat berjamaah juga menjadi amalan yang sangat dianjurkan selama bulan haji. Carilah masjid terdekat dan salatlah bersama jamaah setiap harinya.

  3. Sedekah: Selama berpuasa bulan haji, disarankan untuk banyak bersedekah. Sedekah dapat membantu memperoleh keberkahan dan keutamaan dari Allah Swt.

Kesimpulan

Puasa bulan haji menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan dipercaya memiliki keutamaan yang besar di sisi Allah Swt. Selama berpuasa bulan haji, dengan membaca doa puasa bulan haji dan melakukan amalan tambahan, kita dapat memperoleh keberkahan dan keutamaan yang besar. Oleh karena itu, marilah kita memanfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.