Skip to content
Home » Doa Puasa Senin Kamis Sekaligus Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Doa Puasa Senin Kamis Sekaligus Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Puasa senin kamis merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim. Ketika menjalankan puasa ini kita bisa mendapatkan beberapa keutamaan, seperti terhindar dari penyakit, memperkuat iman, dan lain sebagainya. Namun, apa yang terjadi jika kita masih memiliki hutang puasa Ramadhan dari tahun-tahun sebelumnya? Apakah kita masih bisa menjalankan ibadah puasa senin kamis? Apa doa yang harus kita baca saat hendak menjalankan puasa ini? Semua itu akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Puasa ini dilakukan pada hari senin dan kamis pada setiap minggunya. Selain mendapatkan pahala dari Allah SWT, puasa senin kamis juga bisa membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat puasa senin kamis antara lain:

  • Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
  • Menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin
  • Mengurangi risiko kanker
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menurunkan risiko terkena penyakit kronis

Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Dalam agama Islam, kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Namun, jika ada alasan yang sah seperti sakit atau sedang dalam perjalanan yang jauh, kita diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Meski begitu, kita tetap diwajibkan untuk membayar hutang puasa tersebut di kemudian hari.

Membayar hutang puasa Ramadhan bisa dilakukan di luar bulan Ramadhan. Salah satunya adalah dengan menjalankan ibadah puasa senin kamis. Namun, perlu diingat bahwa kita tidak bisa menjalankan puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa Ramadhan dalam satu hari yang sama. Kita perlu menjalankan puasa senin kamis secara teratur selama beberapa minggu hingga hutang puasa Ramadhan terbayarkan.

BACA JUGA:   Niat Puasa Ramadhan yang Benar

Doa Puasa Senin Kamis

Doa puasa senin kamis bisa dibaca sebelum memulai ibadah puasa. Doa ini bisa membantu kita memperkuat niat serta meningkatkan kualitas ibadah kita. Berikut adalah doa puasa senin kamis yang bisa kita baca:

"Allahumma inni nawaitul laka sawma yaumil isnaini wash shahri al-akhiri minad-dahrifardallas sauma hadzihil isnainil ladzi balaghtu fiihi ma’nii wa’l amal. Faqbudh minni shiyaman naqinan, innaka ‘ala kulli syai’in qadir."

Artinya: "Ya Allah, aku berniat berpuasa untuk-Mu pada hari senin dan kamis dalam minggu ini dan pada bulan terakhir tahun ini. Jadi, terimalah puasa yang aku jalankan hari senin dan kamis minggu ini yang aku kerjakan dengan semangat yang penuh dengan maksud dan tujuan. (Ya Allah), terimalah puasa tersebut dan ampuni diriku, karena Engkaulah yang Maha Kuat atas segala sesuatu di dunia ini."

Kesimpulan

Puasa senin kamis merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Namun, jika kita masih memiliki hutang puasa Ramadhan dari tahun sebelumnya, kita tetap harus membayarnya dengan cara yang benar. Salah satunya adalah dengan menjalankan ibadah puasa senin kamis secara teratur. Tak lupa, kita juga harus membaca doa puasa senin kamis sebelum memulai ibadah tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca.