Skip to content
Home » Doa Pulang dari Haji atau Umroh Walaqadai

Doa Pulang dari Haji atau Umroh Walaqadai

Doa pulang dari haji atau umroh walaqadai adalah salah satu doa yang disampaikan oleh jamaah haji atau umroh pada saat mereka akan kembali ke tanah air setelah menunaikan ibadah di Tanah Suci. Doa ini biasanya dibaca setelah selesai melakukan tawaf wada atau perpisahan.

Doa pulang dari haji atau umroh walaqadai memiliki arti yang sangat penting bagi jamaah haji atau umroh. Doa ini menyiratkan permohonan agar Allah SWT memberikan pengampunan dan rahmat kepada jamaah yang telah menunaikan ibadah di Tanah Suci serta mempertemukan kembali mereka dengan keluarga yang ditinggalkan di tanah air.

Berikut ini adalah teks doa pulang dari haji atau umroh walaqadai:

اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ فِىْ سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوَ عَنَّا بُعْدهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ، وَالْخَلِيْفَةُ فِى الأَهْلِ، اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِيْ الْمَالِ وَالأَهْلِ

Arti dari doa ini adalah:

"Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kebaikan, ketakwaan, dan amal yang Engkau ridhai selama perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami dan jauhkanlah segala kesulitan darinya. Ya Allah, Engkaulah Pelindung dan Penerus kami di perjalanan, serta Pengganti kami bagi keluarga kami. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari rasa lelah karena perjalanan, kepedihan saat melihat pemandangan yang buruk, dan kesulitan dalam harta dan keluarga."

Doa ini sangat penting untuk jamaah haji atau umroh, karena perjalanan kembali ke tanah air setelah menunaikan ibadah di Tanah Suci bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan dan kesulitan yang harus dihadapi, baik selama di perjalanan maupun setelah tiba di tanah air. Oleh karena itu, dengan membaca doa ini, jamaah haji atau umroh berharap agar Allah SWT memberikan perlindungan dan berkah dalam perjalanan mereka.

BACA JUGA:   DOA BAGI YANG BERANGKAT HAJI

Jika Anda ingin membaca doa pulang dari haji atau umroh walaqadai, pastikan Anda sudah memahami artinya terlebih dahulu. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mempelajari beberapa tips untuk memudahkan perjalanan pulang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan referensi untuk memudahkan perjalanan pulang dari Tanah Suci:

  1. Persiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan pulang, termasuk menyusun jadwal kegiatan dan memeriksa ulang persiapan barang bawaan.

  2. Pastikan diri Anda dalam kondisi sehat dan bugar sebelum berangkat pulang, termasuk mengambil segala tindakan pencegahan dan pengobatan bagi yang membutuhkan.

  3. Patuhi aturan dan peraturan yang berlaku selama perjalanan pulang, termasuk mengikuti protokol kesehatan dan tata tertib di berbagai tempat seperti bandara dan pesawat.

  4. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh dan kenangan bagi keluarga di tanah air, sebagai bentuk kebahagiaan dan rasa syukur atas kesempatan menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Dengan membaca doa pulang dari haji atau umroh walaqadai dan mengikuti beberapa tips di atas, semoga perjalanan pulang dari Tanah Suci menjadi lancar dan sukses bagi seluruh jamaah haji atau umroh.