Skip to content
Home » Doa Pulang dari Umroh Haji: Panduan dan Makna Mendalam

Doa Pulang dari Umroh Haji: Panduan dan Makna Mendalam

Apa itu Doa Pulang dari Umroh Haji?

Doa pulang dari umroh haji adalah doa yang dilantunkan oleh para jamaah setelah selesai menunaikan ibadah umroh atau haji. Doa ini sangat penting bagi setiap jamaah, karena di dalamnya terdapat permohonan untuk mendapatkan ampunan dan keberkahan dari Allah SWT. Dalam doa ini, jamaah juga memohon agar segala amalan yang telah dilakukan di Makkah dan Madinah diterima oleh Allah SWT.

Pengertian dan Makna Doa Pulang dari Umroh Haji

Dalam Islam, umroh dan haji adalah dua ibadah yang sangat diagungkan. Kedua ibadah ini mempunyai makna dan tujuan yang mendalam, yaitu untuk memperbaiki diri, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan juga sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh-Nya. Oleh karena itu, saat selesai menunaikan ibadah umroh atau haji, para jamaah dihimbau untuk mengucapkan doa pulang dari umroh haji.

Doa pulang dari umroh haji mewakili perasaan syukur dan rasa terharu setiap jamaah yang telah berhasil menunaikan ibadah suci tersebut. Sebab, di dalam doa tersebut terkandung permohonan untuk diberikan kesempatan kembali melaksanakan ibadah umroh atau haji di masa depan, memohon keampunan, dan agar selalu dijauhkan dari perbuatan dosa.

Doa ini juga mencerminkan keinginan jamaah untuk terus menjaga sikap tawadhu dan keimanan, melaksanakan ibadah dengan ikhlas, dan memohon agar hidup dalam jalan yang benar dan lurus.

Bacalah Doa Pulang dari Umroh Haji dengan Sungguh-Sungguh

Doa pulang dari umroh haji sangat penting dilafalkan setelah menunaikan ibadah umroh atau haji. Dalam doa tersebut, jamaah menyampaikan permohonan ampun kepada Allah SWT dan berterima kasih atas segala nikmat yang diberikan-Nya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melafalkan doa dengan sungguh-sungguh dan penuh perasaan.

BACA JUGA:   Doa Keselamatan untuk Menjalankan Ibadah Haji

Jangan lupa, setelah membaca doa tersebut dilanjutkan dengan memohon syafaat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tanda kita mencintainya dan mengharapkan beliau sebagai penolong di akhirat kelak.

Berikut adalah teks lengkap dari doa pulang dari umroh haji:

“Allahumma inni as’aluka fadhlal a’zhiimi wa ra-hmatal wasi’ati wa syarafal akhlaqi wabashshirni bidahlam a’nta a’lamu bih minni, wa-sta’milni bi-‘izzika wa qudratika, fa-innaka taqdiru wala aqdiru wa ta’lamu wala a’lamu wa anta allamul ghuyubi, Allahumma fa inna kunna fii baladi ja’alanii laka jabbaran, fa as’aluka alladzi laa yarhamu illa anta alladzi laa yughadz-zu illa anta wa laa yughni min ghairika, Allahumma infirli zunubi lanaa wa li-ahirinaa wa li-abaina wa li-ummahaat wa li-shuyuukhinaa wa li-shababinaa wa li-dzawil arhooni, Allahumma man ahya’tahu minnaa fa ahya’hu ‘alal islami, wa man tawaffaytahu minnaa fatawaffahu ‘alal iiman, Allahumma zidnaa wala tankusnaa, wa a’tinaa wala tahrimnaa, wa a’izznaa wala tuhzanaa, wa arhamnaa wala tu’adhdhibnaa, wa sornaa wala tughdur ‘alainaa, wa anshurnaa wala tanshurna ‘alainaa, wa laa taj’al musiibatanaa fii diini naa, wa laa taj’alid dunya akbara hammina, wa laa miisanil ‘ilmini naa, wa laa tusallit ‘alainaa min laa yarhamunaa.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon keutamaan yang besar, rahmat yang luas, kehormatan akhlak yang baik dan kabarkan padaku sesuatu tentang diriku yang tidak ku ketahui. Dan izinkan aku menggunakannya dengan kekuatan-Mu dan qudrat-Mu. Sebab Engkau lah yang menentukan segala sesuatu, yang mengetahui segala sesuatu dan Engkau Yang Maha Mengetahui segala-galanya. Ya Allah, karena kami sebagai jamaah telah kembali ke negeri kami dan Engkau telah menjadikan kami kuat, aku mohon kepada-Mu ampunan yang hanya engkaulah yang memiliki rahmat serta perlindungan yang hanya Engkau yang berdaya. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, orang tua kami, aturan melaksanakan shalat kami, syukur kami dan permohonan ampun kami kepada-Mu, ya Allah. Kepada siapa saja yang dari kami masih hidup, tolong hidup mereka dalam keadaan Islam, dan kepada yang telah meninggal, tolong aku mohonkan keimanan. Ya Allah, tambahkanlah pada kami dan jangan diberikan kekurangan, berikanlah kami dan jangan mengambil dari kami, berikanlah kekuatan pada kami dan jangan membuat kami tertindas, berikanlah rahmat kepada kami dan jangan hukum kami. Berikanlah kemenangan kepada kami dan jangan buat kesulitan bagi kami, jangan jadikan kekacauan agama kami dan jangan jadikan dunia sebagai kebulatan suara kami atau dunia seperti tempat etos kami, jangan hancurkan ilmu kami, dan jangan biarkan mereka yang tidak berbelas kasih dapat menguasai kami.’"

BACA JUGA:   Doa untuk Orang Tua yang Sedang Melaksanakan Ibadah Haji

Kesimpulan

Doa pulang dari umroh haji memiliki makna yang sangat dalam, yaitu sebagai ucapan syukur dan permohonan ampun dari para jamaah yang telah menunaikan ibadah umroh atau haji. Dengan membaca doa ini dengan sungguh-sungguh, para jamaah diharapkan akan mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT, serta terus menjaga keimanan dan ketaqwaan mereka selama di dunia.

Karena itu, sebagai seorang muslim yang beriman, sudah sepatutnya kita menunaikan ibadah umroh atau haji dan membaca doa ini dengan sungguh-sungguh dan penuh perasaan. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan rahmat-Nya kepada kita semua. Aamiin.