Skip to content
Home » Doa Pulang Haji Arab dan Latin: Panduan Lengkap untuk Kaum Muslim

Doa Pulang Haji Arab dan Latin: Panduan Lengkap untuk Kaum Muslim

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu dan memenuhi syarat. Setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji, umat Muslim melaksanakan doa pulang haji sebagai tanda syukur atas kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT.

Doa pulang haji sendiri memiliki doa-doa yang biasa dilakukan oleh para jamaah haji ketika kembali dari Tanah Suci. Di antara doa pulang haji yang sering dipanjatkan oleh jamaah haji adalah doa dalam bahasa Arab dan Latin. Berikut adalah panduan lengkap mengenai doa pulang haji arab dan latin yang perlu diketahui oleh kaum Muslim.

Pentingnya Doa Pulang Haji

Sebagaimana yang kita ketahui, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap Muslim yang mampu. Oleh karena itu, setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji, umat Muslim dilakukan doa pulang haji sebagai tanda syukur atas kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT.

Doa pulang haji merupakan amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim. Dalam doanya, jamaah haji mengucapkan rasa syukur serta memohon perlindungan dan berkah Allah SWT. Doa pulang haji juga dapat menguatkan iman serta memberikan kekuatan spiritual kepada jamaah haji.

Doa Pulang Haji Arab

Doa pulang haji arab merupakan doa yang biasa dilakukan oleh jamaah haji setelah menyelesaikan ibadah haji di Tanah Suci. Berikut adalah doa pulang haji arab yang biasa dipanjatkan oleh para jamaah haji:

اللَّهُمَّ أَذْهِبْ عَنِّي الْحَرَّ وَالْعُثُورَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ السَّائِلِينَ وَالْمَسْأَلِينَ، وَرْضَى اللَّهُ عَنِّي وَأَنْتَ رَبُّ الْعَالَمِينَ

Artinya:

Ya Allah, hilangkan dariku rasa kepanasan dan keletihanku, dan jadikan aku termasuk orang yang meminta dan meminta sesuatu. Semoga Allah ridha kepadaku dan Engkau adalah Tuhan semesta alam.

Doa Pulang Haji Latin

Selain doa pulang haji arab, jamaah haji juga bisa memanjatkan doa pulang haji dengan menggunakan bahasa Latin. Berikut adalah doa pulang haji Latin yang sering dipanjatkan:

Allāhumma innī as'aluka bi-annaka Anta al-wāhid al-ahad

As-samad alladhi lam yalid wa lam yūlad wa lam yakun lahu kufuwan ahad,

an taghfira lī dhunūbī innaka Anta al-gafūru al-rahīm.

Allāhumma innī as'aluka khayra mā sa'alaka bihi `ibāduka

wa `auzu bika min sharri mā`āduka minhu `ibāduka,

Allāhumma in tāradeya bi fa'dlik wa tajawaza `an sayyidi,

fīlī wahdī min thulūmāt al-ajjās wa thulūmāt al-nafs wa thulūmāt al-budūr

fa inna calākal-ba`īd wa calayka al-balāg,

Allāhumma taqabbal minnā hādhihi l-hajjah wa zayyinahā l-nūr

wa atlif baynī wa bayna kaqā'id al-tughyāni wa bayna jāmi`i khawātirm

fa inna kalā takhriqu wa lā tasquyyu ila alladhi akhtarāhu calaynā,

Allāhumma lā tajcal fi qalbī ghīla la wa la huzna la

wa lā taqallab fīhi hamūn wa la shamm,

Allāhumma innī urīdu bihārāka wa `izzataka an tukaffira lī

dhunūbī wa tukhalişanī min gaflati wa tadhaghul

wa an tatliqanī min shakawāt al-jismi wa ghurbati al-nafs

wa an tughniya Cankaka wilāyatuka `anne al-afat wa al-balāya,

innaka `alā kulli shay'in qadīr wa bi rahmatika yā arham al-rāhimīn.

Artinya:

Ya Allah, saya memohon kepada-Mu karena Engkau Yang Maha Esa, Yang Maha Kuasa, Yang tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan kekuasaan-Mu. Saya memohon ampunan atas dosa-dosa saya, karena Engkau Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Ya Allah, saya memohon kebaikan yang dimintakan oleh hamba-hamba-Mu, dan memohon perlindungan dari kejahatan yang dikhawatirkan oleh hamba-hamba-Mu. Ya Allah, jika Engkau senang dengan ampunan-Mu dan Engkau melampaui kesalahan kepadaku, maka janganlah Engkau meninggalkanku dalam kegelapan apapun yang menyelimuti aku dan mengejar aku. Ya Allah, terima perjalanan haji ini dari kami dan jadikan ia cahaya kami. Tolong pisahkan di antara kami dan segala hal yang membuat kami berpaling dari-Mu dan janganlah Engkau membiarkan kami minum dari air yang kami pilihkan untuk kami sendiri. Ya Allah, janganlah ada kegelapan, kesedihan, kecemasan, atau rasa penyesalan di hatiku. Jangan biarkan kehamilan merusak dan merusak pikiranku atau membuat hidupku sulit. Tolong Bangsawanmu, tidak ada malapetaka, kesedihan, atau kelaparan yang bisa menyalip saya. Anda mampu melakukan segala sesuatu dan dengan rahmat Anda, Ya Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Kesimpulan

Doa pulang haji arab dan latin merupakan amalan yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim setelah menyelesaikan ibadah haji. Dalam melakukan doa ini, jamaah haji mengucapkan rasa syukur serta memohon perlindungan dan berkah Allah SWT.

BACA JUGA:   Doa Haji Allahumma Baligna Makkatal

Maka dari itu, sebagai umat Muslim, kita perlu untuk memahami doa pulang haji arab dan latin dengan baik serta melakukan amalan ini dengan penuh keikhlasan dan kesadaran. Dengan begitu, kita bisa memperoleh banyak manfaat serta keberkahan dari Allah SWT.