Skip to content
Home ยป Doa Pulang Haji Lengkap: Panduan dan Arti Doa

Doa Pulang Haji Lengkap: Panduan dan Arti Doa

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam yang mampu. Setelah menyelesaikan ibadah haji, umat Islam diwajibkan untuk mengucapkan doa pulang haji atau istilah lainnya disebut doa tamat haji.

Doa pulang haji lengkap ini sangat penting dilafalkan karena menyatakan bahwa selama menjalankan ibadah haji, seluruh umat Islam telah mendapat penghapusan dosa dan telah menjadi suci seperti bayi yang baru dilahirkan.

Berikut ini kami akan membahas secara komprehensif panduan dan arti doa pulang haji lengkap untuk memudahkan pelaksanaannya.

Panduan Doa Pulang Haji Lengkap

  1. Doa pulang haji lengkap biasanya dibaca di Muzdalifah pada malam hari atau di Mina setelah melempar jumrah aqabah.

  2. Siapkan diri untuk membaca doa pulang haji dengan khushu’ dan khusyuk, perasaan suci setelah menjalankan ibadah haji.

  3. Telah ada banyak versi doa pulang haji, Anda dapat memilih versi mana yang paling mudah dihafalkan dan dipahami.

  4. Anda juga dapat menggunakan media bacaan seperti buku doa atau aplikasi Islami pada smartphone Anda agar lebih mudah mengikuti doa pulang haji lengkap.

  5. Setelah selesai membaca doa, jangan lupa membaca dzikir, tahlil, dan tahmid untuk menyelesaikan ibadah haji.

Arti Doa Pulang Haji Lengkap

Doa pulang haji lengkap mengandung arti yang sangat mulia dan utama bagi umat Islam yang telah menyelesaikan ibadah hajinya. Berikut adalah penjelasan arti dari doa pulang haji lengkap tersebut.

  1. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, pujian dan syukur kepada Allah yang Maha Pencipta, Maha Pengatur dan pengampun dosa.

  2. Lailaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan Abduhu wa Rasuluhu, mengakui dan membenarkan Ke-Esaan Allah serta membenarkan Nabi Muhammad sebagai utusan Allah.

  3. Allahumma salli ‘ala Muhammad, memohon kepada Allah untuk memberkati Nabi Muhammad.

  4. Allahumma anta robbi, laa ilaaha illa anta, Khalaqtani wa ana ‘abduka, mengakui kekuasaan Allah sebagai Tuhan yang menciptakan manusia sebagai hamba-Nya.

  5. Allahumma faghfirli dzunoobi, warfa’ni fii darajatil ‘uliya, memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa dan mohon agar diberi tempat di surga-Nya.

  6. Allahumma wa’afini fi jismi, memohon keselamatan dan kesehatan fisik pada diri kita.

  7. Warzuqni ‘amilan salihan alhamdulillah, memohon rizki yang halal dan Amal yang diterima di sisi Allah.

BACA JUGA:   Doa Menjenguk Orang yang Akan Berangkat Haji

Kesimpulan

Doa pulang haji lengkap adalah doa penting yang harus diucapkan oleh seluruh umat Islam yang telah menyelesaikan ibadah hajinya. Doa ini mengandung arti yang sangat utama dan mulia bagi umat Islam. Memahami panduan dan arti doa pulang haji lengkap dapat membantu memudahkan pada proses selama melaksanakannya. Semoga bermanfaat bagi umat Islam.