Skip to content
Home » Doa Selamat Haji dan Umroh

Doa Selamat Haji dan Umroh

Pada kesempatan ini, kami ingin membagikan doa selamat haji dan umroh untuk saudara-saudari muslim yang akan melaksanakan ibadah haji atau umroh. Setiap tahunnya, jutaan umat muslim dari seluruh penjuru dunia berkumpul di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah yang mulia ini. Bagi umat muslim, menjalankan haji dan umroh merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan sekali seumur hidup, jika mampu dan memenuhi syarat.

Pelaksanaan haji dan umroh bukanlah perkara yang mudah. Persiapan yang matang dan memadai harus dilakukan supaya ibadah berjalan lancar dan sukses. Namun, tidak hanya persiapan fisik dan mental yang perlu dilakukan, persiapan spiritual pun menjadi bagian yang sangat penting. Salah satu persiapan spiritual tersebut adalah dengan membaca doa selamat haji dan umroh.

Doa Selamat Haji dan Umroh

Doa selamat haji dan umroh ini menjadi sangat penting dalam persiapan spiritual jamaah haji dan umroh. Doa ini biasanya dibaca sebelum berangkat ke Tanah Suci, sebagai wujud permohonan maaf dan keberkahan atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan selama hidup.

Berikut ini adalah doa selamat haji dan umroh:

اَللّٰهُمَّ هَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، وَحَيَاةً طَيِّبَةً، وَتَوْفِيْقًا لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَىٰ، اَللّٰهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا اَعْمَالَنَا، وَاَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ وَلَا سَابِقِ عَذَابٍ، وَلَا هَمٍّ وَلَا غَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا نِصَابٍ وَلَا مَفَاخِرَةٍ، اَللّٰهُمَّ بَلِّغْنَا اَمْنًا مُطْمَئِنًّا، وَجَنِّبْنَا الصَّدَمَاتِ وَالْفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، اَللّٰهُمَّ طَهِّرْ قُلُوْبَنَا وَجَوَارِحَنَا مِنَ الْمَعَاصِي وَالذُّنُوْبِ، وَعَوِّضْنَا خَيْرَ الْجَزَاءِ مِنَ الشَّكُوْرِ وَالْمُتَوَحِّدِينَ وَالْمُحِبِّينَ لَكَ.

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah kami rahmat dari sisi-Mu, serta kehidupan yang baik dan berkah untuk mencapai apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, terimalah amalan kami dan masukkanlah kami ke dalam surga tanpa hisab dan tanpa sebelumnya mendapat azab, tanpa kekhawatiran, dukacita, kesedihan, penderitaan, atau kesombongan. Ya Allah, lindungilah kami dari segala jenis bencana dan cobaan yang jelas maupun tidak jelas, bersihkanlah hati dan anggota badan kami dari dosa dan kesalahan, dan berikanlah kami balasan terbaik dari orang-orang yang bersyukur, yang mengesakan-Mu, dan yang mencintai-Mu."

BACA JUGA:   Doa Semoga Mendapat Haji Mabrur

Berdoa Memiliki Manfaat Spiritual

Berdoa memiliki manfaat spiritual yang besar, termasuk ketika melakukan haji atau umroh. Melalui doa, jamaah berkomunikasi dengan Sang Pencipta dan memohon keberkahan serta perlindungan selama perjalanan. Selain itu, doa juga menjaga hubungan diantara jamaah dan dengan Sang Pencipta.

Jadi, sebagai syarat awal dari persiapan jamaah haji atau umroh, bacalah doa selamat haji dan umroh di atas. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, serta jangan lupa untuk selalu memohon perlindungan dan keberkahan dari Sang Pencipta selama perjalanan. Semoga perjalanan haji dan umroh berjalan lancar, sukses, dan penuh berkah. Aamiin.