Skip to content
Home » Doa Selamat untuk Calon Jamaah Haji

Doa Selamat untuk Calon Jamaah Haji

Setiap tahunnya, jutaan umat muslim dari seluruh dunia berbondong-bondong menuju tanah suci, Mekah untuk menunaikan ibadah Haji. Haji merupakan salah satu rukun Islam yang sangat penting untuk dilakukan sekali seumur hidup bagi yang mampu. Sebelum berangkat ke Mekah, sebaiknya para calon jamaah Haji sebagai persiapan untuk menjalankan ibadah tersebut, harus mempersiapkan diri dengan baik termasuk hingga mempelajari doa doa yang harus di baca saat menjalani rangkaian ibadah yang penuh makna tersebut.

Salah satu doa yang penting dan sangat dianjurkan untuk dipanjatkan saat akan berangkat ke Mekah untuk menunaikan ibadah Haji adalah doa selamat. Doa selamat ini merupakan permohonan keselamatan dan kesuksesan dalam menjalankan ibadah Haji serta mendapat ridho dari Allah SWT. Berikut ini adalah doa selamat yang bisa dijadikan panduan untuk para calon jamaah Haji:

Doa Selamat Berangkat ke Tanah Suci

Allohummahfazni fi safar, wa’afini fi badan, wa sa’imni fi syahri Ramadlan, waqsimli rizqon halalan thoyiban fi safri wal mudzawwirati, allahumma kul li syai’in khodja rizqan halalamin fadhlika walaa tafthina fima anta bihi ghaniyun wa ajirni mimman ta’khudzuhu marziyatuna wa sallimni yasirallahu yaqbal iyya wa minkumul hajjul mabruur.

Allahumma fazzalna ilal baitikil haram fi hazihi hasanati watharifil makbulat, wa mardhatika waghfir lihazal jah minal ma’siatil latee yasturunaha, wa’atinarraddaan, wa da’falan masihatan, was salaam.

Doa Selamat Setelah Tiba di Tanah Suci

Laa ilaaha illallohu wallaahu akbar, wallillahil hamd. Allahumma innii uriidu ‘an atawadda’a bir rukniya samma li’ innaakha kalimatuqa sadaqatun, wawasiu rahmatuka, waqanatu ‘azaabuk.

Ya Allah, cegah aku dari kata-kata dusta, kekerasan hati, kecemasan, ketakutan dan kegagalan. Ya Allah, berikan asma-mu yang suci yang akan menenangkan hatiku dan meningkatkan rasa takut dan cinta kepada-Mu.

BACA JUGA:   Doa yang Dibaca Setelah Haji untuk Menggapai Surga

Demikianlah doa selamat untuk calon jamaah Haji yang sudah disampaikan diatas. Semoga doa ini menjadi amalan yang bermanfaat dan membawa keselamatan bagi para calon jamaah Haji dan semoga para jamaah Haji diberi kemudahan dalam menjalankan ibadah Haji dengan lancar, sehat, dan selamat. Amin ya Rabbal Alamin.