Skip to content
Home » Doa Selesai Manasik Haji: Cara Menyudahi Doa Setelah Manasik Haji

Doa Selesai Manasik Haji: Cara Menyudahi Doa Setelah Manasik Haji

Setelah menyelesaikan manasik haji, umat muslim tentu saja merasa syukur dan bahagia bisa menyelesaikan tahapan tersebut. Namun, perjalanan ke Tanah Suci memang belum selesai sampai di sana. Ada sebuah doa selesai manasik haji yang mesti dibaca untuk menyudahi prosesi manasik tersebut.

Doa selesai manasik haji adalah doa yang dibaca untuk menandakan bahwa perjalanan manasik haji telah selesai dan diharapkan kita bisa melakukan ibadah haji dengan sepenuh hati dan memohon ampun kepada Allah SWT. Berikut ini adalah doa selesai manasik haji dan cara membacanya.

Doa Selesai Manasik Haji

"أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ حَجِّيْ وَتَعْمَلَاتِي وَتَوَجَّهِي وَحَجَّةَ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَالْعَامِ الْمَقْبُوْلِ، وَاجْعَلْهُ حَجًَّا مَبْرُوْرًا مَغْفُوْرًا، وَأَنْتَ الْمَوْلَى فَارْحَمْنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ وَتَقَبَّلْ تَوْبَتِيْ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ"

Cara Membaca Doa Selesai Manasik Haji

  1. Bacalah doa selesai manasik haji setelah selesai melakukan manasik haji.
  2. Bacalah doa ini dengan riya’ dan ikhlas karena penutupan sebuah ibadah sangatlah penting.
  3. Bacalah doa ini di semua tempat ketika telah menyelesaikan manasik dan akan kembali ke tanah air atau negeri asal.
  4. Setelah membaca doa selesai manasik haji, jangan lupa untuk beristighfar dan memohon maaf kepada orang yang mungkin pernah kita sakiti selama menjalankan ibadah haji.

Kesimpulan

Doa selesai manasik haji adalah doa yang menjadi salah satu penutup dari rangkaian manasik haji. Dengan membaca doa ini, umat muslim diharapkan bisa mendapatkan amalan yang diterima oleh Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur dan maqbul. Jangan lupa untuk membaca doa ini setelah menyelesaikan manasik haji dan juga melakukan istighfar dan memohon maaf kepada seluruh insan di dalam hidup kita. Semoga kita selalu diberikan keimanan, ketaqwaan, dan kesehatan untuk bisa menjalankan ibadah haji dengan sempurna.

BACA JUGA:   Doa Agar Jadi Haji yang Mabrur dan Amal Shaleh