Skip to content
Home » Doa Sepulang Haji dan Umroh

Doa Sepulang Haji dan Umroh

Selamat datang di artikel kami yang membahas tentang doa sepulang haji dan umroh. Sepulang dari menunaikan ibadah haji atau umroh, biasanya umat Muslim akan melafalkan dua doa yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini diharapkan agar kita selalu diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menjalani kehidupan yang tidak pernah mudah.

Doa untuk Berbakti kepada Orang Tua

"Rabbana atina fi dunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina azab an-nar" adalah doa pertama yang umat Muslim pelajari setelah menunaikan ibadah haji atau umroh. Artinya adalah "Ya Allah, berilah kami kebaikan dalam kehidupan dunia dan kebaikan dalam kehidupan akhirat serta lindungilah kami dari azab api neraka."

Doa ini sangat penting karena doa ini mengajarkan kita untuk selalu berbakti kepada orang tua. Karena orang tua sudah banyak berkorban dalam hidupnya untuk kita dan kita harus memberikan yang terbaik bagi mereka. Kita harus memuliakan dan menghormati mereka, kerana mereka telah memberikan kehidupan kepada kita.

Doa Agar Selalu Terhindar dari Kemaksiatan

Doa yang kedua adalah "Allahumma inni a’udzubika an usyrika bika shaiun waana a’lamu wa astaghfiruka limaa laa a’lamu." Artinya "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari menyekutukan-Mu dengan sesuatu yang aku ketahui dan aku memohon ampunan-Mu atas segala kesalahan yang aku tidak tahu."

Doa ini mengajarkan kita untuk selalu berlindung kepada Allah agar terhindar dari kemaksiatan. Makna dari doa ini adalah kita berlindung kepada Allah agar terhindar dari dosa-dosa yang kita ketahui dan tidak kita ketahui. Kita memohon ampunan agar kita selalu dalam lindungan-Nya.

BACA JUGA:   Bacaan Doa Pemberangkatan Haji

Kesimpulan

Demikianlah, kedua doa ini sangat penting untuk diucapkan oleh umat Muslim setelah menunaikan ibadah haji atau umroh. Kedua doa ini mengajarkan kita untuk selalu berbakti kepada orang tua dan selalu berlindung pada Allah agar terhindar dari kemaksiatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, terima kasih telah membaca.