Skip to content
Home » Doa Setelah Datang Haji: Menyampaikan Rasa Syukur

Doa Setelah Datang Haji: Menyampaikan Rasa Syukur

Setelah menyelesaikan ibadah haji, ada beberapa doa setelah datang haji yang disunnahkan bagi seorang muslim untuk diucapkan. Doa-doanya adalah ungkapan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa doa setelah datang haji yang bisa kita amalkan.

Doa Setelah Tawaf Wada’

Setelah menyelesaikan tawaf wada’, seorang jamaah haji harus membaca doa ini:

اللهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai kebajikan pengampunan. Oleh karena itu, ampunilah aku."

Doa Setelah Melontar Jumrah

Setelah selesai melempar jumrah, seorang jamaah haji disarankan membaca doa ini:

اللَّهُمَّ أَكْبَرْ

Artinya: "Ya Allah, Maha Besar."

Atau bisa juga membaca doa ini:

اللَّهُمَّ لاَ شَمْـلَ إِلاَّ شَمْـلُكَ، وَلاَ نَصْـرَ إِلاَّ نَصْرُكَ، وَلاَ هَـدْيَ إِلاَّ هَـدْيُكَ، وَلاَ سُـؤْلَ إِلاَّ إِيَّـاكَ

Artinya: "Ya Allah, tidak ada yang bisa memberikan perlindungan kecuali Engkau, tidak ada yang bisa memberikan pertolongan kecuali Engkau, tidak ada yang bisa memberikan petunjuk kecuali Engkau, dan tidak ada yang bisa dipinta selain kepada-Mu."

Doa Selamat Sampai di Rumah

Setelah kembali ke rumah dari ibadah haji, ada juga doa khusus. Doa ini disarankan dibaca ketika masuk rumah:

بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, kami masuk ke dalam rumah ini, dan dengan menyebut nama Allah, kami keluar dari rumah ini, dan atas Allah-lah kami bertawakkal."

Kesimpulan

Itulah beberapa doa setelah datang haji yang bisa kita amalkan. Ingatlah bahwa ibadah haji hanyalah sebuah awal, dan yang lebih penting adalah bagaimana kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Allah SWT menerima ibadah haji kita dan memberikan kemudahan dalam mengaplikasikan ajaran-ajaran Islam dalam hidup kita.

BACA JUGA:   Panduan Doa Berpamitan Haji Sunnah