Skip to content
Home » Doa Setelah Pulang Ibadah Haji

Doa Setelah Pulang Ibadah Haji

Setelah selesai menjalankan ibadah haji, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa agar perjalanan kembali ke rumah berjalan lancar dan diberkahi oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa setelah pulang ibadah haji yang bisa diamalkan:

Doa Pertama

"Allahumma laa ta’lamu innamaa raja’naa liwajhikal kariim, fa as’aluka an taghfira lanaa maa qaddamnaa wa maa akhkharna wa maa asrarna wa maa a’lanna wa maa anta a’lamu bihi minnaa, antal musta’anu wa ‘alaiikal balaa’u, laa haula wa laa quwwata illaa bika."

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Mengetahui bahwa kami kembali ke hadirat-Mu, maka kami memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah kami perbuat, yang tersembunyi dan terbuka, yang telah kami lakukan baik di masa lalu maupun di masa yang akan datang, yang Engkau lebih mengetahuinya daripada kami. Kepada-Mu segala urusan, hanya engkau yang dapat menolong, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Mu.

Doa Kedua

"Allahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annaa."

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pengasih. Engkau senang memaafkan, maka maafkanlah kami.

Doa Ketiga

"Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan wa qinaa ‘adzaa ban naar."

Artinya: Wahai Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari azab neraka.

Doa Keempat

"Allahumma a’idhnaa wa a’izal Islaama wa a’izal muslimiin."

Artinya: Ya Allah, bantulah kami untuk memperkuat Islam dan umat Islam.

Doa Kelima

"La ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa Huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir. La haula wa laa quwwata illaa billah."

BACA JUGA:   Bolehkah Mendaftar Haji dengan Angsuran?

Artinya: Tidak ada tuhan selain Allah yang Maha Tunggal, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya segala kerajaan dan segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Doa Keenam

"Allahumma lakal hamdu anta nurus samawaati wal ardh wa man fihinna, wa lakal hamdu anta qiyamul layli wan nahari, wa man khalaqas samawaati wal ardh wa man fihinna, wa lakal hamdu anta qairul haakimiin."

Artinya: Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi dan semua makhluk di dalamnya. Bagi-Mu segala puji karena Engkau yang menegakkan malam dan siang, dan Engkau yang menciptakan langit dan bumi dan semua makhluk di dalamnya. Bagi-Mu segala puji, karena Engkaulah Hakim yang adil.

Setelah membaca doa-doa tersebut, umat Islam diharapkan bisa kembali ke rumah dengan penuh syukur dan rasa peningkatan iman. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan dan hidayah-Nya kepada kita semua.