Skip to content
Home » Doa Tamu untuk Orang Berangkat Haji

Doa Tamu untuk Orang Berangkat Haji

Pendahuluan

Berangkat haji adalah salah satu mimpi bagi banyak umat muslim di seluruh dunia. Setiap tahunnya, ribuan orang mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan suci ini ke Tanah Suci. Namun sebelum berangkat, ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Salah satu persiapan penting adalah memperbanyak doa dan dzikir agar perjalanan berjalan dengan lancar dan selamat sampai ke tempat tujuan.

Doa Tamu

Doa tamu atau doa perjalanan merupakan doa yang sangat penting bagi orang yang akan berangkat haji. Doa ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan selama perjalanan. Berikut ini adalah beberapa doa tamu yang dapat dibaca saat akan berangkat haji:

1. Doa Safar

"أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ"

Artinya: "Aku menyerahkan agamamu, amanahmu, dan akhir amal perbuatanmu kepada Allah."

2. Doa Tawakkal

"اللَّهُمَّ إِنَّا نَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ فِي حَوَائِجِنَا بِالتَّوَسُّلِ بِمُحَمَّدٍ وَآلِهِ، يَا بَدِيعَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، يَا حَىُّ يَا قَيُّومُ"

Artinya: "Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dengan tawassul nabi Muhammad SAW, keluarganya dan sahabatnya. Ya Allah yang pencipta langit dan bumi, yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Ya Allah yang Maha hidup dan Maha terus-menerus mengurus segala sesuatu."

3. Doa Istiqomah

"رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ"

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau memalingkan hati kami setelah Engkau memberikan petunjuk kepada kami. Berikanlah kami rahmat dari sisi-Mu, karena Engkaulah yang Maha Pemberi Karunia."

4. Doa Keselamatan

"أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ"

BACA JUGA:   Buat Doa Haji Mabrur Menjadi Lebih Mudah dengan Teks Arab yang Mudah Dipahami

Artinya: "Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, Pemilik Arsy yang Maha Agung untuk memberikan penyembuhan kepadamu."

5. Doa Pelindung Diri

"اللَّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُورِهِمْ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ"

Artinya: "Ya Allah, kami menjadikan-Mu sebagai pelindung dari kejahatan mereka dan memohon perlindungan kepada-Mu dari kejahatan mereka."

Kesimpulan

Melakukan perjalanan haji adalah perjalanan yang suci dan penuh makna. Oleh karena itu, memperbanyak doa dan dzikir adalah sangat penting untuk memperoleh keselamatan dan perlindungan. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan tetap berpegang pada ajaran agama yang benar. Semoga perjalananmu diberkahi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan sukses.