Skip to content
Home » Doa Umroh dan Haji Mabrur: Panduan Lengkap untuk Menjalankan Ibadah Umrah dan Haji

Doa Umroh dan Haji Mabrur: Panduan Lengkap untuk Menjalankan Ibadah Umrah dan Haji

Ibadah umrah dan haji merupakan salah satu rukun Islam yang sangat penting. Setiap tahunnya, jutaan umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umrah atau haji. Namun, untuk menjalankan ibadah tersebut secara mabrur, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Salah satu yang tidak boleh dilupakan adalah doa umroh dan haji mabrur yang memohon agar segala ibadah yang kita jalankan dapat diterima oleh Allah SWT.

Persiapan Sebelum Menunaikan Ibadah Umrah atau Haji

Sebelum berangkat menunaikan ibadah umrah atau haji, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Persiapan tersebut diantaranya adalah:

1. Menyiapkan Pakaian Ihram

Pakaian ihram merupakan pakaian khusus yang harus dikenakan dalam melaksanakan ibadah umrah atau haji. Pakaian ini memiliki tampilan yang sederhana dan berwarna putih. Selain itu, pakaian ini juga harus terbuat dari kain yang tidak menjulur. Sehingga, sebelum berangkat ada baiknya mempersiapkan pakaian ihram terlebih dahulu.

2. Menyiapkan Kesehatan Fisik dan Mental

Menunaikan ibadah umrah atau haji membutuhkan kondisi fisik yang prima. Oleh karena itu, sebelum berangkat sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Jangan lupa juga menjaga kesehatan mental agar tidak mudah lelah selama menjalankan ibadah.

3. Menyiapkan Dokumen

Dokumen seperti paspor dan visa tentu harus disiapkan sebelum berangkat. Pastikan juga dokumen-dokumen tersebut masih berlaku dan tidak pada masa berakhir.

4. Mengumpulkan Doa Umroh dan Haji Mabrur

Doa umroh dan haji mabrur sangat penting dalam menjalankan ibadah umrah atau haji. Pastikan untuk mempersiapkan doa tersebut dengan baik sebelum berangkat. Hal ini dikarenakan saat berdoa haruslah benar-benar khusyuk dan penuh harap agar doa kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

BACA JUGA:   Tuntunan Keselamatan Doa Zikir Ibadah Haji

Doa Umroh dan Haji Mabrur

Berikut adalah beberapa doa umroh dan haji mabrur yang dapat dipelajari dan diamalkan.

Doa Umroh

أسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَاتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaha Alladzi Laa Ilaha Illa Huwal Hayyul Qayyumu Wa Atubu Ilaih.

Aku memohon ampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia. Yang hidup dan berdiri sendiri (tidak butuh segala sesuatu). Aku bertaubat kepadaNya.

Doa Haji

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّالْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ، لَا شَرِيْكَ لَكَ

Labbaika Allahumma Labbaik. Labbaika Laa Shareeka Laka Labbaik. Innal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk. Laa Shareeka Lak.

Ya Allah aku menjawab panggilan-Mu, aku menjawab panggilan-Mu tiada sekutu bagi-Mu, aku menjawab panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan adalah hak-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.

Kesimpulan

Menjalankan ibadah umrah atau haji membutuhkan persiapan dan keseriusan yang tinggi. Salah satu yang tidak boleh dilupakan adalah doa umroh dan haji mabrur yang memohon agar segala ibadah yang kita jalankan dapat diterima oleh Allah SWT. Belajarlah doa tersebut dan amalkanlah dengan sungguh-sungguh. Dengan demikian, Insya Allah kita akan mendapatkan ibadah umrah atau haji yang mabrur.