Skip to content
Home » Doa untuk Mendoakan Orang yang Haji

Doa untuk Mendoakan Orang yang Haji

Setiap tahun, jutaan umat Muslim dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke kota suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Doa untuk mendoakan orang yang haji merupakan salah satu cara untuk menyambut dan memberikan dukungan spiritual kepada mereka yang melakukan perjalanan suci ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang doa untuk mendoakan orang yang haji dan bagaimana menjalankannya dengan benar.

Pengertian Haji

Haji merupakan bagian dari rukun Islam yang kelima dan menjadi salah satu kewajiban bagi umat Muslim yang telah memenuhi syarat tertentu. Haji dilakukan selama bulan Dzulhijjah dengan tujuan untuk mengikat tali persaudaraan antar umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Selama proses haji, para jamaah akan melakukan rangkaian kegiatan mulai dari tawaf, sai, wukuf di Arafah, hingga mabit di Muzdalifah dan Mina.

Pentingnya Doa untuk Orang yang Haji

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam dan dilakukan tanpa diwajibkan. Doa untuk mendoakan orang yang haji merupakan salah satu bentuk dukungan spiritual bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah suci. Selain itu, doa juga menjadi sarana untuk memohon kepada Allah agar perjalanan haji berjalan lancar dan diberikan keselamatan dan kesehatan kepada para jamaah.

Doa untuk Mendoakan Orang yang Haji

Berikut adalah beberapa doa untuk mendoakan orang yang haji yang bisa dipraktikkan selama bulan Dzulhijjah:

BACA JUGA:   Kumpulan Doa Haji Word: Tips dan Manfaat Berdoa saat Melakukan Ibadah Haji

Doa Ketika Mengetahui Orang yang Kita Kenal akan Berangkat Haji

“Allahumma hadzal hajju laa raghbatan wa laa syaukatan illa wajhikalladzi laa syarika lah, labbayka Allahumma labbayk, labbayka laa syarika laka labbayk, innal hamda wannimata laka wal mulka laa syarika lak”

Artinya: “Ya Allah, ini adalah haji yang dilakukan tidak disertai rasa tidak sabar serta tidak pula harus tergesa-gesa melainkan semata-mata karena ingin menghadap-Mu. Kami datang memenuhi panggilan-Mu, ya Allah. Kami datang memenuhi panggilan-Mu. Kami datang memenuhi panggilan-Mu. Tidak ada yang sebanding dengan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, Kami datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji milik-Mu dan segala nikmat bagimu, dan kekuasaan yang berdaulat, tiada sekutu bagi-Mu.”

Doa untuk Pertolongan Malaikat agar Haji yang Dilakukan Dipermudah

"Allahumma baarik lahum fiddunya wa fiil-aakhiirah"

Artinya: “Ya Allah, beri berkah kepada mereka di dunia dan di akhirat.”

Doa untuk Haji yang Sedang Tawaf

“Allahummarhamna bi rahmatika almahtawa ahliki ahlan.”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada diri saya dan keluarga saya.”

Doa untuk Haji yang Sedang Berdoa di Arafah

“La ilaha illallah wahdahu la sharika lah, lahu’l-mulku wa lahu’l-hamdu wa huwa ‘ala kulli shai’in qadir”

Artinya: “Tidak ada tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala puji, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.”

Kesimpulan

Doa untuk mendoakan orang yang haji merupakan bentuk dukungan spiritual bagi para jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah suci. Para muslim yang ingin mendoakan orang yang haji bisa menggunakan doa-doa yang telah disebutkan di atas selama bulan Dzulhijjah. Dalam menjalankan doa, kita perlu memastikan bahwa setiap kata-kata yang kita ucapkan memiliki arti yang benar dan mendalam sehingga kita bisa semakin dekat dengan Allah SWT.

BACA JUGA:   Doa Dalam Perjalanan Haji

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan juga para jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah suci. Allahumma Ameen.